-

Wednesday, October 26, 2011

Luas Hutan Konservasi di Jawa Barat Terus Bekurang

BANDUNG,(PRLM).-Luas hutan konservasi di Jawa Barat terus berkurang sehingga dikhawatirkan memunculkan bencana besar. Berdarsarkan SK Menteri Kehutanan Nomor 419/Kpts-II/1999 luasan hutan konservasi di Jawa Barat sekitar 252.604 ha atau sekitar 24 % dari total luas hutan di Jawa Barat.

"Sementara, berdasarkan SK Menhut 195/Kpts-II/2003, luasan hutan konservasi di Jawa Barat sekitar 132.180 ha atau sekitar 16% dari luasan total di Jawa Baratn" kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar, Dadan Ramdan, dalam pernyatannya ke "PRLM", Jumat (21/10).

Secara kuantitatif, dari data tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa secara kuantitatif luas hutan konservasi / hutan alam di Jawa Barat terus berkurang, lenyap dari waktu ke waktu.

"Di Propinsi Jawa Barat, Hutan Konservasi yang telah ditunjuk dan ditetapkan berupa 32 unit Cagar Alam (2 diantaranya merupakan Cagar Alam Laut), 2 unit Suaka Margasatwa, 1 unit Taman Buru, 2 unit Taman Hutan Raya, 3 Unit Taman Nasional 16 unit Taman Wisata berada dalam ancaman kerusakan dan punahnya keanekaragaman hayati endemik di Jawa Barat," katanya.

Secara kualitatif, ancaman kerusakan ekosistem hutan konservasi di Jawa Barat dapat ditunjukkan dengan semakin meningkatnya alih fungsi lahan hutan konservasi menjadi lahan pertambangan mineral dan panas bumi, pariwisata, kebakaran, penebangan liar dan lain-lain.

"Kasus, pengembangan Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Panas Bumi di Jawa Barat di kawasan cagar alam, taman wisata alam, taman nasional merupakan ancaman bagi semakin berkurangnya luasan lahan konservasi. Eksploitasi tambang dalam skala besar dipastikan akan semakin merusak baik secara kuantitatif maupun kualitatif ekosistem hutan konservasi di Jawa Barat," katanya.(A-71/kur)***

sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment