-

Wednesday, October 03, 2012

Renungan Tauhid di Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim dan Hijir Ismail adalah dua tempat yang sangat bersejarah. Itulah sebabnya Allah SWT memerintahkan kita untuk berdoa di kedua tempat ini sambil mengenang jasa-jasa mereka dalam mengembangkan ajaran tauhid dan mendirikan kota Makkah serta merenovasi Kabah.

Maqam Ibrahim adalah sebuah batu tempat Nabi Ibrahim berpijak saat memperbaiki Kabah. Saat berada di Maqam Ibrahim kita dituntut untuk merenung dan meneladani Nabi Ibrahim AS dalam menegakkan agama tauhid (monoteis).

Tua atau muda bukanlah ukuran untuk melanjutkan tugas mulia itu. Sebab Nabi Ibrahim sendiri adalah perwakilan bagi kaum tua dan Ismail adalah perwakilan bagi kaum muda. Inilah sebagai simbol kerja sama antara kaum muda dan kaum tua dalam menegakkan panji-panji Allah dengan tetap berpijak pada pondasi Alquran dan Sunnah.

Islam sendiri diibaratkan Rasulullah SAW dengan sebuah bangunan. Sebagaimana yang digambarkan Rasulullah dalam hadis, “Islam itu dibangun di atas lima pondasi” (HR Bukhari Muslim). Pondasi tersebut yang kemudian dikenal dengan Rukun Islam. Jadi, prosesi pembangunan Kabah oleh Nabi Ibrahim dan Ismail adalah manifestasi dari pembangunan Islam itu sendiri.
REPUBLIKA.CO.ID,
24 September 2012 | Kategori: Tempat Bersejarah
Editor: Dewi Mardiani
Reporter: Hannan Putra
Sumber : Panduan Super Lengkap Haji & Umrah, Oleh Aguk Irawan MN

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment