-

Saturday, August 25, 2012

Wisata Pantai Pisangan Masih Jadi Primadona

Wisata pantai masih menjadi primadona bagi masyarakat Karawang untuk mengisi waktu libur lebaran 1433 H. Hal itu terlihat dari membludaknya jumlah wisatawan lokal yang mertandang ke beberapa objek wisata pantai yang ada wilayah Karawang utara, Selasa (21/8).

Dari pantauan "PRLM", pantai yang kerap didatangi pengujung saat lebaran adalah Pantai Pisangan di Kecamatan Pedes, Pantai Samudrabiru di Kecamatan Cilebar, dan Tanjungbaru di Kecamatan Cilamaya Kulon. Kendati air laut tidak jernih, pasir di tiga objek itu landai, sehingga memudahkan wisatawan untuk berenang.

Di tiga objek wisata itu pun, pengunjung bisa dengan mudah menyewa ban mobil bekas agar bisa mengapung saat berenang. Bahkan, ratusan pedagang ikan bakar khas Karawang siap menyambut mereka bersantap sesuai bermain air laut.

Sayangnya, potensi tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Salah satunya adalah akses jalan yang menuju tiga tempat tersebut masih dibiarkan rusak parah.

Akibatnya, pengunjung yang rata-rata datang dengan menggunakan sepeda motor harus ekstra hati-hati saat menuju ke tiga objek tersebut. Mereka bahkan harus bejibaku dengan debu yang muncul dari badan jalan.

Pengelolaan yang belum tertata, terlihat di objek wisata Tanjungbaru, Cilamaya Kulon. Jalan yang rusak dan sempit membuat pengunjung harus antre sepanjang lebih kurang 2 Km sebelum melewati pintu gerbang Pantai Tanjungbaru yang sekaligus dijadikan tempat pembayaran tiket masuk.

Meski demikian, para wisatawan lokal itu tampak tetap bersemangat mendatangi wisata bahari yang ada di Karawang tersebut."Sejak dari Pertigaan Pasirukem, kondisi jalan menuju Tanjungbaru sudah rusak. Akibatnya kendaraan harus berjalan pelan-pelan dan itu menimbulkan kemacetan," ujar Hasanah, salah seorang wisatawan lokal dari Kecamatan Lemahabang Wadas.

Hasanah menyebutkan, kondisi tersebut diperparah oleh perparkiran yang tidak tertata rapi. "Kendaraan yang diparkir menyita badan jalan, sehingga menghalangi laju kendraan lainnya," ujar Hasanah.

Disebutkan, dirinya setiap libur lebaran selalu berkunjung ke Tanjungbaru bersama keluarga. Selain murah, letak objek wisata itu tidak terlalu jauh dari kampung halamannya.

“Tiket masuknya hanya Rp 10.000 saya bersama keluarga bisa berenang sepuasnya di sini,” ujar Hasanah.

Sementara itu, Nurendah, wisatawan asal Bekasi, mengaku datang ke pantai Tanjungbaru karena penasaran dan diajak oleh keluarganya yang bertempat tinggal di Karawang."Kendati jalannya jelek, saya cukup terhibur. Selain bisa berenag di laut, saya juga bisa menikmati ikan bakar dengan harga murah," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Endah dan Hasanah mengeluhkan pula adanya oknum pemuda yang memaksa untuk membeli air mineral dengan harga yang tidak wajar dan sedikit memaksa. “Harusnya pengelola pantai bisa mengamankan hal itu, sehingga tidak ada oknum yang memaksa membeli air mineral dengan harga mahal," ujar mereka. (A-106/A-26).***
pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment