-

Wednesday, August 15, 2012

Jalur Mudik Siap Dilalui

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan infrastruktur mudik baik di jalur utara, tengah, dan selatan sudah siap dilalui. Itu diketahui ketika Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta jajaran kepolisian melakukan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2012 di lapangan Gasibu, Bandung, Jumat (10/8/2012).

"Pemudik di Indonesia diperkirakan 5,6 juta jiwa, dan itu terbanyak di Provinsi Jawa Barat," kata Heryawan usai melakukan apel Ketupat Lodaya 2012.

Dia menuturkan, hampir sebagian orang di Jawa Barat melintas jalur mudik yang hendak menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Kita ketahui orang di Jakarta, mau ke Jateng, Jatim pasti lewat Jabar. Kita sebagai provinsi paling besar dilalui pemudik harus siap," ungkapnya.

Heryawan mengklaim, sarana dan fasilitas untuk tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dengan dibangunnya jalur Gentong baru sepanjang 1,2 kilometer.

"Untuk Gentong yang kerap menjadi masalah kini sudah bisa diatasi, Gentong memang belum sepenuhnya selesai tapi sudah bisa difungsikan. Sedangkan sumber macet biasa simpang jomin, pihak keamanan selalu siaga untuk mengurai, dan memberikan lajur alternatif," ujarnya.

Meningkatnya masyarakat pemudik dalam jumlah yang sangat besar tersebut, telah menimbulkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Untuk itu Pemprov Jabar memastikan, aparat selalu siap berjaga untuk memfasilitasi pemudik.

"Intinya bahwa semua pasukan sudah siap mengurai, dititik rawan kemacetan," jelasnya.

Adapun jumlah personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Lodaya 2012 berjumlah 34.104 personel. Terdiri Polri 20.184 personel, TNI 3.240 personel, Dishub 2.800 personel, Sat Pol PP 786 personel, Dinas Kesehatan 4.251 personel, Bina Marga 415 personel, Damkar 310 personel dan SAR 200 personel.
Galamedia jumat, 10 agustus 2012 12:42 WIB

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment