-

Thursday, August 16, 2012

Bandung Dilanda Angin Muson Timur



Udara Malam di Bandung Dingin Menggigit
CEMARA (GM) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, Bandung dan sekitarnya sepanjang Agustus masih dilanda angin muson. Cuaca tersebut menandakan Bandung memasuki musim kemarau.

Meski kemarau, namun Kota Bandung dan sekitarnya juga mengalami udara dingin dan kering dengan suhu pada malam hari 19-31 derajat dan kelembapan udara 55-95 dengan cuaca cerah berawan. BMKG memprediksi, kondisi itu berpotennsi akan berlangsung hingga akhir Agustus.

Prakirawan dari BMKG Bandung, M. Iid Mujtahiddin kepada "GM" Kamis (9/8) menjelaskan, musim kemarau yang berlangsung di Kota Bandung dan sekitarnya itu disebabkan oleh embusan angin muson timur yang bertiup dari Benua Australia yang bertekanan maksimum ke Benua Asia yang bertekanan minimum. Embusan angin ini juga melewati Indonesia. Dengan kata lain, tidak hanya Kota Bandung dan sekitarnya saja yang mengalami musim kemarau, tetapi juga daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Sedangkan suhu dingin yang terasa di Kota Bandung pada bulan-bulan ini, tambah Iid, karena adanya pengaruh angin yang biasa disebut angin tenggara yang dibawa dari wilayah Australia. Kebetulan, di Australia saat ini tengah berlangsung musim dingin atau musim salju.

"Akhirnya itu berdampak pada udara di Indonesia, termasuk di Bandung. Anginnya terasa sekali, bahkan sesekali cukup kencang. Tapi anginnya itu memang terasa kering," jelasnya.

Berdasarkan data yang diterima dari BMKG, dalam 20 tahun terakhir pada bulan Juli 2012, Kota Bandung mengalami penurunan suhu yang cukup signifikan.

Sejak bulan Juli ini hingga sekarang, suhu di Bandung menjadi sangat dingin. Bila dibandingkan dengan data tahun 1981 hingga tahun 2010 suhu normal pada bulan Juli rata-rata 17,64 derajat Celsius. BMKG pernah mencatat suhu terdingin di Kota Bandungt pada tahun 1992 mencapai 15,6 derajat Celsius dan kembali normal. Sedangkan tahun ini BMKG mencatat suhu udara Bandung turun hingga 15,8 derajat Celsius.

"Pada cuaca seperti ini temperatur pada umumnya memang dingin dan tahun ini berada di bawah normalnya. Awal bulan juli ini terendah dibawah 17,64 derajat Celsius, ada juga tahun 92 sebesar 15,6 derajat Celsius," ujarnya.

Iid menambahkan, suhu di Kota Bandung kemungkinan bisa menjadi lebih dingin pada puncak musim kemarau. "Kemungkinan suhunya bisa turun lagi ketika puncaknya pada bulan Agustus," pungkasnya.
Galamedia jumat, 10 agustus 2012 01:09 WIB

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment