-

Sunday, January 29, 2012

Penggunaan Kipas Angin Membahayakan

TIDAK hanya angin langsung yang tenyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan saat cuaca panas, AC atau kipas angin pun demikian. Ternyata kalau mengarahkan kipas angin secara langsung ke arah anak kecil dapat menyebabkan penyakit. Apalagi kalau langsung ke arah wajah, ini dapat menyebabkan penyakit bell palsy.

Bell palsy (BP) terjadi karena membengkaknya saluran saraf fasialis (wajah) yang melewati telinga. Beberapa ahli menyatakan, penyebab BP berupa paparan angin dingin di salah satu sisi wajah secara terus-menerus.

Ada juga yang menyatakan, hal itu disebabkan oleh virus herpes yang menetap di tubuh dan teraktivasi kembali karena trauma, faktor lingkungan, stres, dll. Sebagian penderita dapat sembuh tanpa pengobatan, tetapi tetap disarankan untuk menjalani terapi dan pengobatan.

Tanda-tanda jika seseorang terkena penyakit ini terutama anak kecil adalah pada saat tersenyum, maka bagian bibir yang satu sisi dengan pembengkakan saluran saraf akan sulit untuk bergerak mengikuti pola senyuman.

Begitu pun apabila anak hendak mengernyitkan alis, maka pada alis di sisi pembengkakan akan sulit terangkat.
(tri/"GM"/berbagai sumber)**

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment