-

Monday, January 02, 2012

2012, Seluruh RS di Jabar Buka Pelayanan Pasien Jamkesmas

Bandung - Jumlah rumah sakit (RS) di Jawa Barat saat ini ada 244. Namun hanya 133 RS atau 54,51 persen saja yang sudah melaksanakan pelayanan jamkesmas. Pada tahun 2012, seluruh RS bisa melakukan pelayanan jamkesmas sehingga tidak ada lagi RS yang menolak pasien miskin.

"Pada 2011, dari 244 RS di Jabar, baru 133 RS yang melaksanakan pelayanan jamkesmas. Tidak heran masih saja ada berita di media tentang adanya pasien yang memerlukan pelayanan terkesan tidak terlayani," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Alma Lucyati saat memberikan laporan dalam acara Sosialisasi Kesiapan Jabar Menuju Universal Coverage Insurance Melalui KTP Berasuransi Kesehatan Serta Pencanangan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Jamkesmas di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika, Rabu (28/12/2011).

Masalahnya, ketersediaan tempat tidur untuk pasien jamkesmas mash belum terpenuhi. Dari 10 ribu kebutuhan tempat tidur untuk pasien jamkesmas, baru 4 ribu tempat tidur yang tersedia.

"Diawali RS yang telah membuka diri, diharapkan tahun 2012 mendatang kebutuhan 10 ribu tempat tidur itu bisa terpenuhi," katanya.

Di Jabar sendiri Alma meyebut ada 1.044 puskesmas di mana 127 di antaranya melayani perawatan (dengan kapasitas tempat tidur 20 buah), 249 PONEP (pranata emergency progresif). Rencananya di 2012 juga akan ditambah 112 PONEP baru di Jabar.

Selain itu, Dinkes Jabar bersama RSHS serta Askes diungkapkan Alma tengah mempersiapkan sistem rujukan untuk pelayanan kesehatan. Acara ini dihadiri Mentri Kesehatan Endang Raayu Sedyaningsih, Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron, Sekda Jabar Lex Laksamana, para kepala dinas kesehatan kabupaten dan kota se-Jabar, pengelola jamkesmas, dan para dirut RS se-Jabar.

Dalam acara tersebut dilakukan juga penandatanganan komitmen secara simbolis oleh sejumlah RS di Jabar tentang komitmennya melayani jamkesmas.
(tya/ern)
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment