-

Monday, December 05, 2011

Palawa Unpad Targetkan Susuri 8 KM Sungai Bawah Tanah di Laos

Bandung - Sebanyak 14 anggota mahasiswa pencinta alam Palawa Unpad akan melakukan ekspedisi caving dengan tema "Indonesia Gigantic River Cave Expedition" di Gua Tham Khoun Xe, Laos mulai Selasa (29/11/2011) mendatang. Tim ekspedisi tersebut menargetkan akan menyusuri sungai sepanjang 8 kilometer.

Ekspedisi yang akan berakhir hingga Selasa (13/12/2011) ini untuk melihat bagaimana konservasi karst di gua tersebut sebagai bahan pembanding karst di Indonesia yang banyak dieksploitasi.

Mwnurut Ketua Tim Indonesia Gigantic River Cave Expedition Laos Dwi Jaya Andika Siregar, memilih Tham Khoun Xe untuk ekspedisi tim Palawa karena sungai ini memiliki debit air yang masih tinggi yakni bisa mencapai 600 meter kubik. Karenanya tim yang 5 orang di antaranya perempuan ini sudah mempersiapkan ekspedisi secara matang. Mereka juga sudah berlatih di sejumlah karts seperti di karst di Citatah dan Gua Petruk di Gombong, Jawa Tengah.

Mereka juga berlatih malam hari untuk melatih penglihatan mereka saat menelusuri sungai bawah tanah yang panjangnya hingga 8 kilometer ini.

"Lokasinya jauh dari Laos. Tim harus melalui beberapa daerah seperti Ban Thatot, Ban Vieng, dan Ban Non Ping. Dan tim juga harus menempuh perjalanan jalan kaki kurang lebih 6 kilometer untuk sampai ke sana," ujar Dwi kepada detikbandung.

Anggota tim ekspedisi ini terdiri dari mahasiswa Unpad mulai dari angkatan 2005 hingga 2010. Mereka adalah orang-orang terpilih yang lolos seleksi dari 30 orang anggota Palawa untuk berangkat mengikuti ekspedisi ini. Selain ketahanan fisik, anggota tim juga harus memiliki pengalaman menelusuri karst.

"Target kami akan menempuh 8 kilometer sungai ini. Dan kami akan mendokumentasikan semua sebagai bahan komparasi," ucap Dwi.

Total pembiayaan perjalanan mereka ini mencapai Rp 168 juta. Dana tersebut didapat dari Unpad dan beberapa sponsor.
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment