-

Saturday, November 19, 2011

Pemkot Bandung Lakukan Pengadaan 100 Hektare Sawah

BANDUNG, (PRLM).- Pemkot Bandung telah melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi ketahanan pangan di Kota Bandung. Salah satunya dengan melakukan pengadaan seratus hektare lahan sawah.

Sawah tersebut menurut Wali Kota Bandung Dada Rosada, dibeli dari dana Pemkot, lokasinya tidak hanya di Kota Bandung tapi bisa di luar kota seperti di Karawang atau Priangan Timur.

"Kalau sawah itu sudah tersedia seratus hektare maka ketahanan pangan bisa terjaga," katanya dalam sidang tahunan Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bandung tahun 2011 yang dibuka Wali Kota Bandung di Hotel Golden Flower, Bandung, Selasa (15/11).

Dada menyebutkan, saat musim kemarau petani susah. Terkadang gagal panen sehingga produksi padi akan berkurang. Dari itulah perlu adanya terobosan yang bisa membuat ketahanan pangan di Kota Bandung.

Entang Sastraatmadja, mengatakan perlu adanya asuransi pertanian mengingat banyaknya petani yang gagal panen. "Asuransi pertanian mestinya segera mendapatkan perhatian yang serius Pemerintah karena ini penting untuk menjadikan asuransi pertanian ini sebagai wujud nyata keberpihakan kepada petani," ujarnya.

Entang juga mengungkapkan perlu adanya perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan karena lahan sawah yang ada banyak yang beralih fungsi. "Hadirnya UU No. 41/2009 tentang perlindungan lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan diharapkan mampu memberi solusi atas masalah yang sedang kita hadapi," katanya. (A-113/A-88)***

sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment