-

Wednesday, November 16, 2011

Mata Kucing Gantikan Penerangan Jalan

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengantisipasi kekurangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat memasang perangkat mata kucing (road stud) di sejumlah ruas utama di Kabupaten Bandung Barat. Pemasangan perangkat yang bisa merefleksikan cahaya lampu kendaraan saat malam hari itu untuk mengantisipasi wilayah rawan kecelakaan.

"Kami prioritaskan dulu wilayah utama di Lembang dan jalur selatan Kabupaten Bandung Barat," ujar Kepala Seksi Lalu Lintas Fauzan Azima, di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Senin (24/10).

Sebagai langkah awal, Dishub Kabupaten Bandung Barat memasangkan 200 paku jalan yang disebar di dua ruas. Sebanyak 50 unit paku jalan disebar di antara Kawasan Batureog, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, yang memiliki panjang satu kilometer.

Sementara sejumlah 150 unit lainnya disebar di antara ruas Jln. Raya Cihampelas-Jln. Raya Cililin, yang memiliki panjang ruas 10 kilometer. Paku jalan yang berukuran 20x10 centimeter itu dipasang di kedalaman dengan jarak 50 meter, antarperangkat.

Meskipun ia tidak mengetahui jumlah lampu PJU secara pasti, namun ruas jalan dan tikungan yang rawan kecelakaan di Kabupaten Bandung Barat belum difasilitasi lampu PJU. "Mata kucing jalan ini merupakan salah satu upaya memfasilitasi kekurangan tersebut," ungkapnya. (A-196/A-88)***

sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment