-

Tuesday, November 15, 2011

Empat Nama Lagi Akan Dijagokan Jadi Pahlawan Nasional

BANDUNG, (PRLM).-Setelah meloloskan nama Sjafrudin Prawiranegara sebagai pahlawan nasional, Jawa Barat masih punya empat nama lagi yang dijagokan menjadi pahlawan nasional. Keempat nama itu merupakan usulan dari beberapa kabupaten dan kota di Jabar yang telah melalui seleksi dari Pemprov. Jabar untuk diajukan ke pemerintah pusat.

Anggota Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Prov. Jabar Nenny Kencanawati menyebutkan, keempat nama calon itu adalah dr. Dustira (ajuan Pemkot Cimahi), Badruzzaman (dari Garut), Abdullah bin Nuh (dari Cianjur), dan Ahmad Sanusi (dari Sukabumi). "Untuk Ahmad Sanusi, tahun ini adalah pengajuan yang kedua. Sjafrudin saja diakui sebagai pahlawan nasional setelah pengajuan ulang ketiga," ujar Kepala Biro Pengembangan Sosial Pemprov. Jabar itu, Jumat (11/11) di ruang kerjanya.

Munculnya lima nama yang diajukan sebagai pahlawan nasional itu (termasuk Sjafrudin yang telah diakui sebagai pahlawan nasional), merupakan pekerjaan yang panjang dari TP2GD yang diketuai Asisten Daerah Prov. Jabar bidang Kesejahteraan Rakyat Aip Rivai.

"Jadi awalnya diajukan dari TP2GD dari masing-masing kabupaten dan kota. TP2GD provinsi lalu mengkaji dan meneliti usulan-usulan tersebut. Jika memenuhi kriteria dan persyaratan, seperti data dan fakta, baru diusulkan ke pemerintah pusat melalui Dinas Sosial Provinsi Jabar. Di pusat, usulan diterima TP2P dan dikaji oleh Dewan Gelar yang terdiri dari para pakar. Dewan Pakar inilah yang merekomendasikan nama-nama usulan tadi ke presiden," ujarnya.(A-128/A-160/kur)***

sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment