-

Wednesday, November 30, 2011

Cinta Indonesia, Hiroaki Kato Kerap Pakai Batik


Bandung - Warga Indonesia patut bangga. Di tengah mulai surutnya rasa nasionalisme di kalangan anak muda, muncul sosok Hiroaki Kato (28), penyanyi asal Jepang yang sangat mencintai Indonesia. Selain fasih berbahasa Indonesia, Hiro senang menggunakan baju batik.

Hiro pertama kali ingin mendalami bahasa Indonesia karena membaca buku 'Bumi Manusia' milik Pramoedya Ananta Toor. Saat itu ada dosen Sastra Indonesia yang membacakan buku tersebut.

"Kalimatnya itu indah, ada iramanya, berbeda dengan sastra Jepang," ujar lulusan S2 Linguistik di Tokyo University of Foreign Study ini.

Hiro pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia pada tahub 2006. Saat itu ia mengikuti pertukaran pelajar di Universitas Gajah Mada Jurusan Sastra Indonesia.

Kecintaan Hiro pada Indonesia juga terwujud dalam gaya berpakaiannya. Ia kerap menggunakan baju batik, dan celana panjang yang bermotif kain perca batik.

"Celana batik ini dibuatkan oleh teman saya di Jepang. Saya sangat suka pakai batik. Di Jepang juga para desainernya mulai suka baju batik," terangnya.

Menurut Hiro, saat ini orang Jepang sangat menyukai Indonesia. Kalau dulu orang Jepang hanya mengenal Indonesia sebatas Bali saja, saat ini orang Jepang sudah banyak tahu pulau-pulau lainnya di Indonesia.

"Masyarakat Jepang semakin berminat sama Indonesia. Kalau 5 tahun lalu orang jepang tahunya hanya Bali saja. Karena kurangnya pengetahuan soal Indonesia," tutup pria yang pernah menjadi relawan gempa di Jogja ini.

sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment