-

Saturday, October 29, 2011

Luas Hutan Konservasi di Jabar Terus Bekurang

BANDUNG, (PRLM).- Luas hutan konservasi di Jawa Barat dari tahun ke tahun terus berkurang, sehingga dikhawatirkan memunculkan bencana besar berupa banjir dan longsor. Berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor 419/Kpts-II/1999 luasan hutan konservasi di Jawa Barat sekitar 252.604 ha atau sekitar 24 persen dari total luas hutan di Jawa Barat.

"Sementara, berdasarkan SK Menhut 195/Kpts-II/2003, luasan hutan konservasi di Jawa Barat sekitar 132.180 ha atau sekitar 16% dari luasan total di Jawa Baratn" kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar, Dadan Ramdan, dalam pernyataannya ke "PRLM", Senin (24/10).

Seperti diketahui, akibat pembabatan hutan untuk sayur mayur di Kec. Kertasari telah membuat kecamatan-kecamatan yang berada di bawahnya seperti Majalaya dan Ibun selalu tergenang banjir bercampur lumpur apabila musim hujan.

Sungai Citarum dan anak-anak sungainya juga cepat dangkal akibat sedimentasi yang tinggi karena kerusakan hutan di daerah hulu Sungai Citarum.

Secara kuantitatif, dari data tersebut, menurut Dadan, dapat menyimpulkan secara kuantitatif luas hutan konservasi / hutan alam di Jawa Barat terus berkurang, lenyap dari waktu ke waktu.

"Di Provinsi Jawa Barat, hutan konservasi yang telah ditunjuk dan ditetapkan berupa 32 unit Cagar Alam dengan dua di antaranya merupakan Cagar Alam Laut,� katanya. (A-71/A-88)***
sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment