-

Sunday, October 30, 2011

Kota Bandung Berencana Bangun Cable Car Awal 2012

Kamis, 27/10/2011 - 19:17

BANDUNG, (PRLM).- Pembangunan cable car (kereta gantung) "Bandung Skybridge" akan dimulai pada awal tahun 2012. Ditargetkan awal tahun 2013 cable car tersebut bisa dipakai masyarakat Bandung.

"Diharapkan proses pembangunannya akan bisa dimulai pada awal 2012 selesai paling lambat awal 2013 sudah harus bisa selesai. Untuk penyedia atau pembangun cable car, saat ini sudah ada dua perusahaan yang berminat yaitu dari Perancis dan Austria," kata Presiden Direktur PT Aditya Dharmaputra Persada, selaku pemrakarsa, Sandjaya Susilo saat acara sosialisasi cable car di Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL) di Jln Dr Djunjunan, Kamis (27/10).

Menurut Sandjaya, cable car itu dimulai dari Jln Djunjunan dekat Kantor PPGL akan dibangun stasiun bandara sebagai awal dari lintasan Bandung Skybridge yang terhubung hingga Sukajadi (PvJ) dan Tamansari (Sabuga). Untuk jalur pertama ini, Sandjaya menuturkan konsepnya baru sebatas untuk wisata. "Namun untuk masyarakat umum juga bisa digunakan. Hanya saja memang kami fokus dulu untuk pendatang dari luar kota," katanya.

Ia menambahkan, dari 3 km panjang lintasan, akan dibangun sebanyak 6-8 tiang penyangga. Kereta gantung sendiri disediakan sebanyak 90-100 kabin. Masing-masing kabin berisi 8 orang dan mengangkut penumpang setiap 10 detik. "Artinya, dalam satu jam akan bisa mengangkut sebanyak 2.500-2.800 orang," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut PPGL bersedia memberikan lahan seluas 2.000 meter persegi, terletak di samping kantor PPGL, di Jln Dr Djunjunan. Lahan seluas 2.000 meter persegi itu nantinya akan digunakan sebagai stasiun bandara "Bandung Skybridge" serta lahan parkir untuk 500 unit kendaraan.

Pihak PPGL sendiri secara umum menyambut baik rencana dari Pemkot Bandung tersebut. "Kami menerima usulan Walikota yang meminta lahan untuk digunakan. Kebetulan lahan kami cukup luas, sekitar 37 ribu meter persegi. Kalau hanya 2 ribu meter persegi yang diminta, 'kan masih ada 35 ribu meter persegi lainnya," kata Kepala PPGL, Subaktian Lubis kepada wartawan usai menerima Dishub Kota Bandung dan PT Aditya Dharmaputra Persada, di kantor PPGL, Jln. Dr Djunjunan, Kamis (27/10).

Lubis menambahkan, cable car yang dirancang Pemkot Bandung merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Bahkan Lubis pun berharap, ke depannya cable car itu bisa dibangun untuk memenuhi sarana transportasi massal di Kota Bandung.

Kepala Dishub Kota Bandung, Prijo Soebiandono menuturkan, pihaknya bersama dengan pemrakarsa akan terus berupaya mewujudkan cable car di Kota Bandung. Jika nanti hal itu terwujud, maka Kota Bandung akan menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki cable car untuk transportasi masyarakat.

"Bandung akan jadi pilot project bagi kota lainnya. Karenanya, kita sangat serius mewujudkan cable car ini," kata Prijo saat ditemui di tempat yang sama. (A-113/das)***
sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment