-

Sunday, September 25, 2011

Tak Hanya Teknik, Kapten Persib Wajib Punya Kepribadian Kuat


Bandung - Pasca hengkangnya Eka Ramdani ke Persisam Samarinda, Persib Bandung belum menunjuk kapten yang akan memimpin skuad 'Maung Bandung' di lapangan saat bertanding. Siapapun kapten musim depan, yang jelas wajib punya beberapa kriteria.

Selain skill di atas rata-rata, seorang kapten wajib memiliki karakter kuat sebagai pemimpin bagi rekan setimnya di lapangan. Bahkan di luar lapangan, seorang kapten harus jadi panutan bagi pemain lainnya.

"Seorang kapten itu tidak hanya harus punya kemampuan teknik di atas rata-rata, tapi harus punya kepribadian, emosional, dan moral yang baik," kata mantan pemain Persib era 1980-an, Bambang Sukowiyono saat ditemui detikbandung di Sekretariat PSSI Jabar, Jalan Lodaya, Sabtu (24/9/2011).

Menurutnya, tugas seorang kapten jelas sangat berat. Hal itu pernah dirasakan Suko saat menjadi kapten di tahun 1985. Selama setahun penuh, ia dipercaya rekan-rekannya menjadi pemimpin.

"Setelah itu saya lepas ban kapten dan diserahkan ke Adeng Hudaya. Selama memegang ban kapten saya merasa kurang lepas bermain. Tugas kapten memang cukup berat," ungkapnya.

Ia pun mengingatkan siapapun yang jadi kapten Persib nanti agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Selain secara pribadi mampu tampil apik, kepemimpinan 'il capitano' diharapkan bisa berbuah hasil positif bagi tim.

"Makanya kapten harus punya kepribadian yang kuat, bukan hanya soal teknik bermain bola saja," tuturnya.

(ors/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment