-

Tuesday, September 06, 2011

RSHS Siapkan Tim Operasi

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) membuka dompet peduli bagi bayi kembar siam Wanda dan Wandi melalui nomor rekening 132-00-0523476-1 di Bank Mandiri. Wanda dan Wandi yang kini berusia satu tahun, rencananya akan segera menjalani operasi pemisahan perut dalam waktu dekat ini.

"Bantuan dari siapa pun tentunya sangat diharapkan, terutama dalam masalah bantuan pendanaan bagi operasi kembar siam ini. Karena memang, dana yang diperlukan tidak sedikit. Bisa ratusan juta," ungkap Direktur RSHS, dr. Bayu Wahyudi, kepada wartawan di RSHS, baru-baru ini.

Dikatakan, sejumlah peralatan medis tergolong mahal. Misalnya untuk menyediakan ventilator saja harganya Rp 500 juta. Belum lagi inkubator dan peralatan laboratorium lainnya.

Orangtua si kembar berasal dari golongan masyarakat miskin. Ibu Wanda dan Wandi, Lina Mawarti, merupakan ibu rumah tangga. Sementara ayahnya, Dede Amung, warga Kampung Cijagra RT 13/RW 05 Desa Ciroyom, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bekerja sebagai petugas cleaning service di PLTA Cirata.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena bantuan melalui Bank Mandiri ini transparan penggunaannya, akuntabel, dan dapat dipercaya. Kami akan menjaga amanah yang diberikan masyarakat yang ingin membantu," tambahnya.

Setelah menunggu satu tahun, bayi kembar siam/dempet perut Wanda dan Wandi akan dioperasi tim medis RSHS pada akhir September mendatang. Jika operasi itu terjadi, maka operasi pemisahan kembar siam ini merupakan kasus yang pertama dilakukan RSHS.

"Saat ini kedua bayi kembar dempet di bagian perut telah berusia 330 hari. Total berat badan keduanya mencapai 14,7 kg. Wanda-Wandi lahir pada 21 September 2010," ucapnya.

Guna kebutuhan operasi tersebut, pihaknya sudah menyiapkan tim yang beranggotakan 20 orang dokter dengan diketuai Prof. Abdurahman, Sp.A. Selain tentunya terdapat dokter anak, dalam tim itu terdapat dokter bedah, patologi, gizi, dan psikiatri.

Kedua bayi tersebut mengalami dempet pada bagian diafragma (antara perut dan dada), hati, dan usus kecil. Sementara jantung, paru-paru, dan lainnya terpisah. (B.107)** sumber : (GALAMEDIA)

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment