-

Friday, September 30, 2011

Okupansi Rendah, Kereta Api Harina dan Rajawali Dihentikan


Bandung - Dua rute kereta api yaitu Harina Pagi jurusan Bandung-Semarang dan Rajawali Semarang-Surabaya akan dihentikan mulai Sabtu (1/10/2011) mendatang. Dihentikannya pengoperasian dua kereta tersebut akibat okupansi penumpang yang rendah.

Tak hanya itu, keberangkatan kereta api Parahyangan Bandung-Jakarta juga akan dikurangi.

"Kita evaluasi kereta Harina okupansinya rendah, jadi kemungkinan akan dihentikan dalam beberapa hari ke depan. Tiket untuk Harina Pagi juga sudah tidak dijual," ujar Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sulistyo Wimbo Hardjito usai mengikuti acara peringatan HUT Kereta Api ke-66 di Kantor Pusat PT KAI, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (28/9/2011).

Pertimbangan penutupan rute tersebut disebut Wimbo karena okupansi penumpang yang bahkan tidak mencapai okupansi minimal yaitu 60 persen dari total penumpang. Untuk kereta Harina Pagi misalnya, okupansinya saat ini di bawah 40 persen.

Kondisi yang sama juga terjadi pada kereta api Rajawali Semarang-Surabaya. Sementara untuk kereta Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta, juga akan ada pengurangan jadwal. "Jadi nanti hanya ada jadwal pagi siang dan sore," katanya.

Pengurangan jadwal Parahyangan ini dikatakan Wimbo karena banyaknya moda angkutan jalan raya lainnya yang lebih dipilih masyarakat. "Karena Jakarta-Bandung dengan mobil itu lebih cepat, jadi kalah," katanya.

(tya/ern) sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment