-

Sunday, July 17, 2011

Situ Cangkuang Garut, Kenangan Masa Kecilku

WAKTU liburan telah datang, biasanya kami sekeluarga suka berbeda keinginan dan bingung menentukan pilihan kemana kami akan berlibur. Ketika saya mengusulkan bagaimana kalau ke kampung tempat kelahiran ibu di Garut. Akhirnya anak-anak dan suami menyetujui  usulan saya, ke Garut.

eni1eni2
Minggu pagi kami berangkat ke Garut dengan tujuan wisata ke Situ Cangkuang tepatnya di Desa Leles. Semangat dan bahagia tergambar di raut wajah anak-anak. Walau sebenarnya saya sudah lama meninggalkan kota kelahiran dan sudah tidak ada saudara di kampung tapi saya ingin mengenang tempat wisata waktu saya kecil, yaitu Situ Cangkuang dan menjadi bahan ilmu bagi anak-anak tentang alam dan sejarah.
Akhirnya kami sampai di tempat tujuan, sudah banyak yang berubah baik jalan menuju ke Situ Cangkuang dan lokasinya sudah tertata rapih. Untuk menikmati Situ Cangkuang kami harus naik rakit dulu, selama naik rakit kami bisa melihat bagaimana cara rakit di gerakkan oleh bapak yang menarik rakit, di sekitar Situ (danau) banyak tumbuh tumbuhan seperti eceng dan pakis. Zaman dulu Situ ini sangat kotor dan belum banyak orang yang mengetahuinya.
eni3eni4
Sekitar 15 menit kami naik rakit dan sampai di Cangkuang untuk bisa melihat flora, candi, museum, dan rumah adat. Dan untuk mencapai lokasi Cangkuangnya kami harus melewati dulu rumah adat yang terdiri dari 7 rumah dimana bentuk, warna cat putih, semua harus sama. Konon menurut cerita jumlah keluarga yang menempati rumah adat tersebut tidak boleh lebih dari 7 keluarga.  Setelah itu baru kami melewati Candi Cangkuang dan di sekitar candi terdapat pohon-pohon besar yang sudah berumur ratusan tahun dengan akar yang merambat dan menjulur hingga keluar dari tanah. Saya bangga karena di Cangkuang ini masih terjaga kelestarian alamnya karena sejak saya kecil pohon itu masih ada sampai sekarang saya punya 3 orang anak dan kami bisa berfoto di pohon itu.
Setelah puas kami menikmati alam Situ Cangkuang dan anak-anak bisa mengenal alam secara langsung juga mengetahui sejarah tentang Candi Cangkuang. Ternyata Candi tidak hanya terdapat di Jawa Tengah tapi di Jawa Barat pun ada. Liburan tahun ini sangat berkesan dan menyenangkan.
http://www.pikiran-rakyat.com/node/151922

Artikel yang Berkaitan

1 komentar:

cangkuang memang indah tapi tempat wisata ini tidak akan maju kecuali premanisme dihilangkan, pada tahun 2002 kami rombongan dari asalah satu sma dikota bogor tidak bisa masuk membawa bis ke lokasi karena tidak boleh sama tukang delman, akhirnya kami masuk cangkuang lewat pintu barat padahal tempat yang bagus di pintu utara, jadi kami kapok tidak akan membawa rombongan lagi kesana, masih banyak tujuan wisata yang dikelola secara frofesional

-

Post a Comment