-

Saturday, July 09, 2011

Pemkot Bandung Akan Bangun Patung RE Martadinata

Bandung - Pemkot Bandung berencana menambah koleksi patung di Bandung dengan membangun patung dari salah satu pahlawan nasional Laksamana Laut Raden Eddy (LLRE) Martadinata. Patung tersebut akan dibangun di taman yang berada di Jalan LLRE Martadinata.

Sebelumnya Bandung telah memiliki patung Husein Sastranegara di Jalan Abdurahman Saleh yang mewakili unsur Angkatan Udara dan patung Laswi (laskar Wanita) serta Pelajar Pejuang di Jalan Viaduct yang mewakili Angkatan Darat.

"Meskipun tidak ada wilayah perairan atau pelabuhan di Bandung, tapi unusur dari AL juga perlu dihadirkan. LLRE Martadinata itu pahlawan nasional asal Jabar. Tapi sosoknya seperti apa, kita tidak tahu, makanya, sekaligus edukasi pada masyarakat, kami ingin membangun patungnya," uar Sekretaris Dinas Pertamananan Kota Bandung Arif Prasetya saat dihubungi detikbandung via telepon selulernya, Sabtu (9/7/2011).

Namun hingga saat ini Pemkot Bandung masih menunggu adanya sponsor dari pihak ketiga yang tertarik untuk membangun patung tersebut. Arif pun tidak bisa mneyebut berapa besarnya alokasi atau anggaran yang disiapkan untuk pembangunan patung LLRE Martadinata.

"Karena patung kan barang seni. Nilainya bisa berbeda-beda bagi masing-masing seniman. Itu benda yang subjektif. Makanya kami memilih untuk menawarkan pembangunan ini padapihak ketiga dulu," katanya.

Lokasi taman untuk patung LLRE Martadinata, berada di perempatan Jalan LLRE Martadinata dan Jalan Ahmad Yani. Arif mengatakan, fondasi untuk tempat berdiri patung telah dibuat.

"Nantinya patung tersebut akan memperkuat ikon Jalan LLRE Martadinata. Kalau perlu, nama tamannya juga jadi Taman LLRE Martadinata," katanya.


(tya/tya)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment