-

Wednesday, July 20, 2011

Gubernur Jabar Menjamu Pegawainya dengan Hanjeli dan Singkong

Ratusan PNS di lingkungan Pemprov Jabar yang berkantor di Gedung Sate dijamu makan siang oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Aula Timur Gedung Sate, Rabu (20/7/2011). Namun yang berbeda, kali ini nasi yang menjadi sumber karbohidratnya diganti dengan bahan lokal lainnya seperti hanjeli, singkong, sorgum, dan jagung.

Sementara lauk yang dihidangkan sama seperti biasanya, ada oseng tempe, ayam serundeng, rendang, dan ikan asin.

Kegiatan jamuan makan siang tanpa nasi ini merupakan sosialisasi Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi, One Day, No Rice yang dicanangkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Sajian makanan yang dihidangkan ini disebut Netty Heryawan dimasak sendiri oleh anggota Tim Pokja III PKK Jabar.

"Jamuan makan siang tanpa nasi ini bertujuan untuk sosialisasi dan memperkenalkan makanan karbohidrat selain nasi," ujar Ketua Penggerak PKK Jabar Netty Heryawan dalam acara tersebut, Rabu (20/7/2011).

Makanan pengganti nasi yang disiapkan yaitu biji hanjeli yang direbus, jagung yang diserut lalu dikukus, singkong tumbuk kukus dan sorgum bakar yang disajikan seperti nasi bakar.

"Bagus juga acaranya, jadi tahu makanan selain nasi. Hanjeli ternyata enak juga, saya baru pertama kali makan," ujar Sumarwan salah satu PNS.

Namun ia berharap lauk yang disajikan bisa lebih disesuaikan. "Mungkin ke depan, pilihan lauknya dicari yang lebih pas. Misalnya sayur apa, jangan daging-dagingan," katanya.

sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment