-

Saturday, June 11, 2011

Gua Belanda Bandung

Gua peninggalan belanda dibangun pada awal tahun 1941, berlokasi di Kota Bandung dengan koordinat  6°51,272'S 107°38,252'E, dahulu dipergunakan untuk PLTA bengkok, karena perbukitan pakar merupakan kawasan yang sangat menarik bagi strategi militer Hindia Belanda, lokasinya yang terlindung dan begitu dekat pusat kota Bandung, maka menjelang perang dunia ke II pada awal tahun  1941 militer Hindia Belanda membangun stasiun radio komunikasi dan pada masa kemerdekaan gua ini dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan mesiu, bangunan ini merupakan jaringan gua didalam perbukitan batu pasir tufaan, saat ini gua dapat dimasukin dengan aman.




Keterangan :
Lorong utama tembus air PLTA,  Panjang = 144 m Lebar = 180 m Tinggi = 3 m
Lorong Ventilkasi, Panjang = 126 m Lebar = 2 m Tinggi = 3 m
Lorong sel tahanan, Panjang = 19 m Lebar = 2,5 m Tinggi = 3 m
Lokasi: di dalam Taman Hutan Ir. Djuanda Bandung

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment