-

Friday, May 30, 2008

Wisata Alam

WISATA KUDA PAKU HAJI
Jam Buka : - Jl. H. Gofur Desa Paku Haji Km. 4 Kec Ngamprah Kab Bandung Barat 081322272623

TAMAN BUNGA CIHIDEUNG
Jam Buka : 07.00-18.00 Parongpong Tidak ada

SITU PATENGGANG
Jam Buka : 06.00-18.00
Kecamatan Rancabali sekitar 47 km selatan Kota Bandung

NARATAS TRAINING CENTER
Ciwidey 081395169311/2510749

MARIBAYA
Jam Buka : 09.00-17.30 WIB
4km ditenggara Lembang

KUKURUYUK WEEKEND MARKET
Jam Buka : 08.00-22.00
Istana Mekar Wangi Bandung 022-70089850/70702982

KAWAH PUTIH CIWIDEY
Jam Buka : 08.00-18.00 WIB
Bandung Selatan, berjarak 46 km dari Bandung Tidak ada

KARANG SETRA, HANGOUT & SHOPPING
Jam Buka : 08.00-18.00
Jl. Sirna Galih No. 15 Bandung - 40193 West Java, Indonesia 022-2035272

KAMPUNG NAGA
Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Jam Buka : 08.00-18.00
Lembang, � 30 km sebelah utara kota Bandung

GUA PAKAR
Jam Buka : 08.00-18.00 WIB
Dago Atas Bandung

CURUG OMAS
Jam Buka : 07.00-18.00
Curug Omas terletak di lokasi wisata Maribaya, Lembang

CURUG DAGO
Jam Buka : 08.00-17.00 WIB
Di bawah PLTA Bengkok

CANDI CANGKUANG
Jam Buka : 07.00-19.00 WIB
Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

BOSCHA
Jam Buka : Kunjungan siang, pukul 09.00, 12.00 dan 15.00, kecuali hari Jumat, pukul 09.00, 13.00, dan 15.00
Observatorium Bosscha terletak di Lembang, sekitar 15 km ke arah Utara Bandung dengan koordinat geografis 107� 36′ BT - 6� 49′ LS

Sea Food

TOP SEAFOOD
Jl. Kebon Jati No.169 Bandung 6010995

SUHARTA RAJA SEA FOOD
Jl. Naripan No.114 Bandung 4233024

RM. INTI LAUT
Jl. Surya Sumantri No. 60 A Bandung 022-2008602

RISMA FRESH SEAFOOD
Jl. Karapitan No. 40 Bandung 4262698

RAJA RASA
Jl. Setra Ria no. 1 Bandung 022-2005070

RAJA KEPITING MUSTIKA J. SARI
Jl. Padasaluyu No.8 022-201.08.88

POPEYE ' S
Jl. Merdeka 022-420.57.20

PONDOK NELAYAN
Jl. Dr. Junjunan No. 157 Bandung 022-6075303

PARIT 9 SEAFOOD
Jl. Cendana No.4 Bandung 022 - 7103996, Fax : 022 - 7101219

PANCORAN FRESH FOOD
Jl. Dr. Djundjunan No.96-98 022-203.82.68

MAGNA SEAFOOD
Jl. Belakang Pasar No.120 022-423.42.30

LARISA SEAFOOD
Jl. Sadewa 34

KEPITING PEKALONGAN
Jl. Cicendo

KARAPITAN SEAFOOD
Jl. Karapitan No.54 022-420.58.26

HYPER SEAFOOD
Paskal Hyper Square Blok A.56,
Jl. HOS Cokroaminoto No. 25-27 (Pasir Kaliki)
022 - 86060649, Fax : 022 - 86060734

HAPPY SEAFOOD
Jl. Kebon Kawung No. 26 Bandung 022-4201654

D' COST
Jl. Sukajadi No. 197 Bandung 022-204.42.00

CRABS SEAFOOD RESTO
Jl. Kiara condong no.465

CENDANA SEA FOOD
Jl. Cendana No. 6 Bandung 022-70060035/022-7206529

CASAMANJA RESTO CAFE
Jl. Sukajadi Paris Van Java 022-820.635.39


Masakan Sunda

AMPERA R. M.
Jl. Buah Batu
Jl. Soekarno Hatta No. 394
Jl. P.H.H. Mustofa
Jl. Kebon Kalapa
Jl. Dr Djundjunan
Ph. 022-5208446, 022-4237409

WARUNG LIWET PAKUHAJI
H. Gofur Km.4 Bandung 081322272623

TIMBEL BANDA
Jl. Lombok No. 20 Bandung 08176233511

SUGIH PRIANGAN, R. M.
Jl. Ters. Jakarta No.48 Antapani 022-727.0857, 085220300680

SINDANG RERET, RESTORAN
Jam Buka : 10.00 - 22.00
Jl. Surapati 53
Sindang Reret Ciwidey
Sindang Reret Cikole
Sindang Reret Garut
022 - 253 5050, 250 1474

SINDANG HEULA
Jl. Naripan No.9 022-421.51.63


SEDEP MALAM, RESTORAN
Jl. Burangrang No.11 Bandung 022-730.39.66

SAUNG LINGKAR
Jl. Lingkar Selatan No.217 Bandung 40233
022 - 6040180

SAUNG KABAYAN
Jl. Dr. Djunjunan No.107 022-601.74.88

SARI SUNDA, R. M.
Jl. Dr. Setiabudi No.86-88
Jl. Soekarno-Hatta No. 479B
022-203.42.63, 022 - 7300696


SARI RAOS
1. Jl. Cihampelas No.91B 022-203.00.53
2. Jl. Raya Lembang No.240 022-278.69.90
3. Jl. Cibaligo No.11 022-603.16.67

SAPU LIDI
Jl. Sersan Bajuri (Komp. Graha Puspa)
Cihideung-Lembang
Jl. Cihampelas No. 107
022-70277435/022 - 2034109

SAJIAN SUNDA SAMBARA
Jl. Trunojoyo No. 64 Bandung 40115 022-4208757, Fax 022-4204770

RUMAH MAKAN SUNDA ONENG
Jl. Dr. Junjunan No. 119 Bandung 022 - 6123684, 70683588/ Fax : 022 - 6123687

RM. TIMBEL H DEDEH
Jl. Cisangkuy No.41 Bandung 6650102

RM. CIBIUK
Jl. Lengkong Besar No. 8
- Jl. Sangkuriang No.1
- Jl. Prof. Eyckman No.5
- Food Market Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki
- Foodcourt Kopo Square Jl. Kopo Bihbul No. 45
- Foodcourt Lt.6 D-9 Pasar Baru Trade Centre, Jl. Otista No. 30
- Foodcourt Mall Tematik Lt. 2 B-19 Metro Trade Centre, Jl. Soekarno Hatta No. 590
- Foodcourt Lt. 3 Istana Plaza Jl Pasir Kaliki 121-123
022-423.88.92, 2530013, 2032886, 70205088, 7069625

RIUNG PANYILEUKAN
Jl. Raya Lembang No.234 022-278.67.87

RESEP DAPURKU
Jam Buka : Senin-Minggu / 10.00-22.00
Tarif : Bervariasi Jl. Lembong No. 12-18 Bandung 022-4206612

RAJA SUNDA RESTAURANT
Jl. Terusan Pasteur No.63 Bandung
022-603.76.88

R.M. LOTEK
Jl.Astina 17 -

NGALIMED
Jl. Sukawangi No.4 022.-721.18.27

NASI TIMBEL JL. MANGGA
Jl. Mangga Bandung
022-702655227/7231283

NASI TIMBEL DEPAN MASJID ISTIQOMAH
Jl. Citarum (Belakang Mesjid Istiqomah)
081 221 06385

NASI LIWET RAKATA
Jl. Rakata

NASI BANCAKAN
Jl. Trunojoyo No. 62 Bandung 022-4203650

MANJABAL
Jl. Dr. Djundjunan No.182 022 - 70361212

LOTEK SOTO BANDUNG
Jl. Astina 12 -

LOTEK KALIPAH APO 42
Jl. Kalipah Apo No.42 022-420.59.83

LOTEK & RUJAK CIPAGANTI
Jl. Cipaganti No. 75Y

KEDAI TIMBEL DAGO
JL. Ir. Juanda 117 022. 250 2004

KEDAI ROSSAN VILLA
Jl. Sersan Bajuri No. 99 Bandung 022 - 2019020, Fax : 022 - 2020473

KEDAI MANGGA
Jl. Pelajar Pejuang 45
Jl. Jend. A. Yani 022-704.333.89

KAMPUNG DAUN
Jl. Sersan Bajuri Km 4,7 Triniti Villas Bandung 022-278.779.15/2784573

KAMPOENG KURING
Jl. Cihampelas No.30 Bandung 40116 022 - 426 5638

IKAN BAKAR CIANJUR
Jl. Dr. Setiabudi No.67 Bandung
022-203 3453/Fax:022 - 203 6718

GRIYA DAHAR BU KADI
Jl. Dr. Djundjunan No.178 Bandung 022-201 3178

DEF RESTO
Jl. Cihampelas No 57 Bandung 40161 (022)4266566

DAUN PISANG
Jl. Dr Setiabudhi No. 154 Bandung 022-2037575, 2037474, Fax 022-2037878

DAPURKU
Jl. Lembong No. 12-18 Bandung 40111 022-420.6612, Fax 022-4237511

DAPUR SANGKURIANG
Jl. Karang Sari No. 5 Bandung 022 - 2031340, Fax : 022 - 2041793

DAPUR COBEK
Jl.Surya Sumantri No. 94 Bandung

Dapur Cobek Ekspress
Jl. Sulanjana No. 14 Bandung (022)2002315/ 022-4209415

D' PALM SUNDANESE RESTAURANT
Jl. Lombok No.45 Bandung 022-426.16.23, 4200784

CIHAPIT LOTEK
Jl.Cihapit 6 (022)4261507

CAFE LEMBAH CURUG
Jl. Sersan Bajuri Km 1,5 Wisata Bunga Cihideung 022 - 2788062, 08179203159

BUMBU DESA
Jl. Dr. Setiabudi No.61-63, Rumah Mode
Jl. Laswi No. 1 Bandung 022-422.27.40, 022-7100539

BERANDA
Jl. Hortikultura, Lembang 022-2784757

BALE GAZEEBO
Jl. Surapati No.49 Bandung 022‑2506716

BAKUL DAUN, R. M.
Jl. Terusan Buahbatu No.195 Bandung 40287
022 - 7567963

ARUM MANIS
Jl. Cihampelas No. 144A Bandung 40116 022-82062538, Fax : 022-82062540

ARIA JIPANG
Jl. Aria Jipang No. 3 Bandung - 40115 West Java, Indonesia 022-4208427

ANGLO RESTO & CAFE
Jl. Cipedes 46A Sukarasa, Gegerkalong, Bandung 022-202.16.52/2021653/2004424

Thursday, May 29, 2008

Manuk Dadali

Mesat ngapung luhur
Jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna
Bangun taya karingrang
Sukuna ranggoas
Reujeung pamatukna ngeluk
Ngepak mega bari
Heberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul
Kana Tandangna
Gandang jeung pertengtang
Taya bandinganana
Dipikagimil
Dipikaserab kusasama
Taya karempan
Kasieun leber wawanena

Manuk dadali
Manuk panggagahna
Perlambang sakti
Indonesia jaya

Manuk dadali
Pangkakoncarana
Resep ngahiji
Rukun Sakabehna

Hirup sauyunan
Tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah
Teu inggis belapati

Manuk dadali
Ngandung siloka sinatria
Keur sakumna bangsa
Di nagara Indonesia

Cipt: Sambas

Sejarah Kota Bandung


Pada dasarnya asal usul nama Bandung ini banyak sekali versinya.

Dalam buku tulisan Haryoto Kunto, dapat ditemukan bahwa kata Bandung, berasal dari kata Bandong, sesuai dengan penemuan sebuah negeri kecil oleh seorang Mardijker bernama Julian de Silva. Dan tercatat pula bahwa Dr. Andries de Wilde, seorang pemilik kebun kopi yang sangat luas di daerah ini, meminang seorang gadis dan kemudian menikahinya yang berasal dari Kampung Banong (di daerah Dago Atas).

Malah ada pula yang berpendapat Kata Bandung berasal dari sebuah nama pohon Bandong ‘Garcinia spec’ (Heyne : 1950 Jilid III, pada halaman 2233, menyebutkan bahwa Bandong ‘Garcinia spec’ sejenis pohon yang tingginya 10 - 15 m dan besar batangnya 15 - 20 cm, dengan batang tak bercabang. Pohon ini dieksploitasi setelah berumur 20 - 30 tahun, dengan cara menoreh kulit kayu sedalam 2 - 3 mm akan mengalirkan cairan kekuning-kuningan. Menurut Wiesner’s Rohstoffe digunakan untuk pengobatan, mewarnai pernis-pernis spirtus, lak emas ‘goudlak’, cat air dan fotografi. Jadi nama Bandung berasal dari Bandong yang sesuai dengan sebuah nama kampung yang telah ditemukan oleh seorang Mardijker bernama Julian de Silva di atas.

Menurut penulis buku Wisata Bumi Cekungan Bandung, T. Bachtiar, Bandung juga artinya adalah persahabatan/perdamaian. Berasal dari Bahasa Kawi, Bandung artinya bersama-sama, bersahabat, bersaing, mendampingi, dan saling tolong menolong.

Mengenai asal-usul nama "Bandung", dikemukakan berbagai pendapat. Sebagian mengatakan bahwa, kata "Bandung" dalam bahasa Sunda, identik dengan kata "banding" dalam Bahasa Indonesia, berarti berdampingan. Ngabanding (Sunda) berarti berdampingan atau berdekatan. Hal ini antara lain dinyatakan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka (1994) dan Kamus Sunda-Indonesia terbitan Pustaka Setia (1996), bahwa kata bandung berarti berpasangan dan berarti pula berdampingan.


Pendapat lain mengatakan, bahwa kata "bandung" mengandung arti besar atau luas. Kata itu berasal dari kata bandeng. Dalam bahasa Sunda, ngabandeng berarti genangan air yang luas dan tampak tenang, namun terkesan menyeramkan. Diduga kata bandeng itu kemudian berubah bunyi menjadi Bandung. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa kata Bandung berasal dari kata bendung.
Pendapat-pendapat tentang asal dan arti kata Bandung, rupanya berkaitan dengan peristiwa terbendungnya aliran Sungai Citarum purba di daerah Padalarang oleh lahar Gunung Tangkuban Parahu yang meletus pada masa holosen (± 6000 tahun yang lalu).
Akibatnya, daerah antara Padalarang sampai Cicalengka (± 30 kilometer) dan daerah antara Gunung Tangkuban Parahu sampai Soreang (± 50 kilometer) terendam menjadi sebuah danau besar yang kemudian dikenal dengan sebutan Danau Bandung atau Danau Bandung Purba. Berdasarkan hasil penelitian geologi, air Danau Bandung diperkirakan mulai surut pada masa neolitikum (± 8000 - 7000 sebelum Masehi). Proses surutnya air danau itu berlangsung secara bertahap dalam waktu berabad-abad.
Secara historis, kata atau nama Bandung mulai dikenal sejak di daerah bekas danau tersebut berdiri pemerintah Kabupaten bandung (sekitar decade ketiga abad ke-17). Dengan demikian, sebutan Danau Bandung terhadap danau besar itu pun terjadi setelah berdirinya Kabupaten Bandung.

Berdirinya Kabupaten Bandung
Sebelum Kabupaten Bandung berdiri, daerah Bandung dikenal dengan sebutan "Tatar Ukur". Menurut naskah Sadjarah Bandung, sebelum Kabupaten Bandung berdiri, Tatar Ukur adalah termasuk daerah Kerajaan Timbanganten dengan ibukota Tegalluar. Kerajaan itu berada dibawah dominasi Kerajaan Sunda-Pajajaran. Sejak pertengahan abad ke-15, Kerajaan Timbanganten diperintah secara turun temurun oleh Prabu Pandaan Ukur, Dipati Agung, dan Dipati Ukur. Pada masa pemerintahan Dipati Ukur, Tatar Ukur merupakan suatu wilayah yang cukup luas, mencakup sebagian besar wilayah Jawa Barat, terdiri atas sembilan daerah yang disebut "Ukur Sasanga".
Setelah Kerajaan Sunda-Pajajaran runtuh (1579/1580) akibat gerakan Pasukan banten dalam usaha menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Barat, Tatar Ukur menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Sumedanglarang, penerus Kerajaan Pajajaran. Kerajaan Sumedanglarang didirikan dan diperintah pertama kali oleh Prabu Geusan Ulun pada (1580-1608), dengan ibukota di Kutamaya, suatu tempat yang terletak sebelah Barat kota Sumedang sekarang. Wilayah kekuasaan kerajaan itu meliputi daerah yang kemudian disebut Priangan, kecuali daerah Galuh (sekarang bernama Ciamis).
Ketika Kerajaan Sumedang Larang diperintah oleh Raden Suriadiwangsa, anak tiri Geusan Ulun dari rtu Harisbaya, Sumedanglarang menjadi daerah kekuasaan Mataram sejak tahun 1620. Sejak itu status Sumedanglarang pun berubah dari kerajaan menjadi kabupaten dengan nama Kabupaten Sumedang. Mataram menjadikan Priangan sebagai daerah pertahanannya di bagian Barat terhadap kemungkinan serangan Pasukan Banten dan atau Kompeni yang berkedudukan di Batavia, karena Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) bermusuhan dengan Kompeni dan konflik dengan Kesultanan Banten.
Untuk mengawasi wilayah Priangan, Sultan Agung mengangkat Raden Aria Suradiwangsa menjadi Bupati Wedana (Bupati Kepala) di Priangan (1620-1624), dengan gelar Pangeran Rangga Gempol Kusumadinata, terkenal dengan sebutan Rangga Gempol I.
Tahun 1624 Sultan agung memerintahkan Rangga Gempol I untuk menaklukkan daerah Sampang (Madura). Karenanya, jabatan Bupati Wedana Priangan diwakilkan kepada adik Rangga Gempol I pangeran Dipati Rangga Gede. Tidak lama setelah Pangeran Dipati Rangga Gede menjabat sebagai Bupati Wedana, Sumedang diserang oleh Pasukan Banten. Karena sebagian Pasukan Sumedang berangkat ke Sampang, Pangeran Dipati Rangga Gede tidak dapat mengatasi serangan tersebut. Akibatnya, ia menerima sanksi politis dari Sultan Agung. Pangeran Dipati Rangga Gede ditahan di Mataram. Jabatan Bupati Wedana Priangan diserahkan kepada Dipati Ukur, dengan syarat ia harus dapat merebut Batavia dari kekuasaan Kompeni.
Tahun 1628 Sultan Agung memerintahkan Dipati Ukur untuk membantu pasukan Mataram menyerang Kompeni di Batavia. Akan tetapi serangan itu mengalami kegagalan. Dipati Ukur menyadari bahwa sebagai konsekwensi dari kegagalan itu ia akan mendapat hukuman seperti yang diterima oleh Pangeran Dipati Rangga gede, atau hukuman yang lebih berat lagi. Oleh karena itu Dipati Ukur beserta para pengikutnya membangkang terhadap Mataram. Setelah penyerangan terhadap Kompeni gagal, mereka tidak datang ke Mataram melaporkan kegagalan tugasnya. Tindakan Dipati Ukur itu dianggap oleh pihak Mataram sebagai pemberontakan terhadap penguasa Kerajaan Mataram.
Terjadinya pembangkangan Dipati Ukur beserta para pengikutnya dimungkinkan, antara lain karena pihak Mataram sulit untuk mengawasi daerah Priangan secara langsung, akibat jauhnya jarak antara Pusat Kerajaan Mataram dengan daerah Priangan. Secara teoritis, bila daerah tersebut sangat jauh dari pusat kekuasaan, maka kekuasaan pusat di daerah itu sangat lemah. Walaupun demikian, berkat bantuan beberapa Kepala daerah di Priangan, pihak Mataram akhirnya dapat memadamkan pemberontakan Dipati Ukur. Menurut Sejarah Sumedang (babad), Dipati Ukur tertangkap di Gunung Lumbung (daerah Bandung) pada tahun 1632.
Setelah "pemberontakan" Dipati Ukur dianggap berakhir, Sultan Agung menyerahkan kembali jabatan Bupati Wedana Priangan kepada Pangeran Dipati Rangga Gede yang telah bebas dari hukumannya. Selain itu juga dilakukan reorganisasi pemerintahan di Priangan untuk menstabilkan situasi dan kondisi daerah tersebut. Daerah Priangan di luar Sumedang dan Galuh dibagi menjadi tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Parakanmuncang dan Kabupaten Sukapura dengan cara mengangkat tiga kepala daerah dari Priangan yang dianggap telah berjasa menumpas pemberontakan Dipati Ukur.
Ketiga orang kepala daerah dimaksud adalah Ki Astamanggala, umbul Cihaurbeuti diangkat menjadi mantri agung (bupati) Bandung dengan gelar Tumenggung Wiraangunangun, Tanubaya sebagai bupati Parakanmuncang dan Ngabehi Wirawangsa menjadi bupati Sukapura dengan gelar Tumenggung Wiradadaha. Ketiga orang itu dilantik secara bersamaan berdasarkan "Piagem Sultan Agung", yang dikeluarkan pada hari Sabtu tanggal 9 Muharam Tahun Alip (penanggalan Jawa). Dengan demikian, tanggal 9 Muharam Taun Alip bukan hanya merupakan hari jadi Kabupagten Bandung tetapi sekaligus sebagai hari jadi Kabupaten Sukapura dan Kabupaten Parakanmuncang.
Berdirinya Kabupaten Bandung, berarti di daerah Bandung terjadi perubahan terutama dalam bidang pemerintahan. Daerah yang semula merupakan bagian (bawahan) dari pemerintah kerajaan (Kerajaan Sunda-Pajararan kemudian Sumedanglarang) dengan status yang tidak jelas, berubah menjadi daerah dengan sttus administrative yang jelas, yaitu kabupaten.
Setelah ketiga bupati tersebut dilantik di pusat pemerintahan Mataram, mereka kembali ke daerah masing-masing. Sadjarah Bandung (naskah) menyebutkan bahwa Bupati Bandung Tumeggung Wiraangunangun beserta pengikutnya dari Mataram kembali ke Tatar Ukur. Pertama kali mereka dating ke Timbanganten. Di sana bupati Bandung mendapatkan 200 cacah. Selanjutnya Tumenanggung Wiraangunangun bersama rakyatnya membangun Krapyak, sebuah tempat yang terletak di tepi Sungat Citarum dekat muara Sungai Cikapundung, (daerah pinggiran Kabupaten Bandung bagian Selatan) sebagai ibukota kabupaten. Sebagai daerah pusat kabupaten Bandung, Krapyak dan daerah sekitarnya disebut Bumi kur Gede.
Wilayah administrative Kabupaten Bandung di bawah pengaruh Mataram (hingga akhir abad ke-17), belum diketahui secara pasti, karena sumber akurat yang memuat data tentang hal itu tidak/belum ditemukan. Menurut sumber pribumi, data tahap awal Kabupaten Bandung meliputi beberapa daerah antara lain Tatar Ukur, termasuk daerah Timbanganten, Kuripan, Sagaraherang, dan sebagian Tanahmedang.
Boleh jadi, daerah Priangan di luar Wilayah Kabupaten Sumedang, Parakanmuncang, Sukapura dan Galuh, yang semula merupakan wilayah Tatar Ukur (Ukur Sasanga) pada masa pemerintahan Dipati Ukur, merupakan wilayah administrative Kabupaten Bandung waktu itu. Bila dugaan ini benar, maka Kabupaten Bandung dengan ibukota Krapyak, wilayahnya mencakup daerah Timbanganten, Gandasoli, Adiarsa, Cabangbungin, Banjaran, Cipeujeuh, Majalaya, Cisondari, Rongga, Kopo, Ujungberung dan lain-lain, termasuk daerah Kuripan, Sagaraherang dan Tanahmedang.
Kabupaten Bandung sebagai salah satu Kabupaten yang dibentuk Pemerintah Kerajaan Mataram, dan berada di bawah pengaruh penguasa kerajaan tersebut, maka sistem pemerintahan Kabupaten Bandung memiliki sistem pemerintahan Mataram. Bupati memiliki berbagai jenis symbol kebesaran, pengawal khusus dan prajurit bersenjata. Simbol dan atribut itu menambah besar dan kuatnya kekuasaan serta pengaruh Bupti atas rakyatnya.
Besarnya kekuasaan dan pengaruh bupati, antara lain ditunjukkan oleh pemilikan hak-hak istimewa yang biasa dmiliki oleh raja. Hak-hak dimaksud adalah hak mewariskan jabatan, ha memungut pajak dalam bentuk uang dan barang, ha memperoleh tenaga kerja (ngawula), hak berburu dan menangkap ikan dan hak mengadili.
Dengan sangat terbatasnya pengawasan langsung dari penguasa Mataram, maka tidaklah heran apabila waktu itu Bupati Bandung khususnya dan Bupati Priangan umumnya berkuasa seperti raja. Ia berkuasa penuh atas rakyat dan daerahnya. Sistem pemerinatahn dan gaya hidup bupati merupakan miniatur dari kehidupan keraton. Dalam menjalankan tugasnya, bupati dibantu oleh pejabat-pejabat bawahannya, seperti patih, jaksa, penghulu, demang atau kepala cutak (kepala distrik), camat (pembantu kepala distrik), patinggi (lurah atau kepala desa) dan lain-lain.
Kabupaten Bandung berada dibawah pengaruh Mataram sampai akhir tahun 1677. Kemudian Kabupaten Bandung jatuh ketangan Kompeni. Hal itu terjadi akibat perjanjian Mataram-Kompeni (perjanjian pertama) tanggal 19-20 Oktober 1677. Di bawah kekuasaan Kompeni (1677-1799), Bupati Bandung dan Bupati lainnya di Priangan tetap berkedudukan sebagai penguasa tertinggi di kabupaten, tanpa ikatan birokrasi dengan Kompeni.
Sistem pemerintahan kabupaten pada dasarnya tidak mengalami perubahan, karena Kompeni hanya menuntut agar bupati mengakui kekuasaan Kompeni, dengan jaminan menjual hasil-hasil bumi tertentu kepada VOC. Dalam hal ini bupati tidak boleh mengadakan hubungan politik dan dagang dengan pihak lain. Satu hal yang berubah adalah jabatan bupati wedana dihilangkan. Sebagai gantinya, Kompeni mengangkat Pangeran Aria Cirebon sebagai pengawas (opzigter) daerah Cirebon-Priangan (Cheribonsche Preangerlandan).
Salah satu kewajiban utama bupati terhadap kompeni adalah melaksanakan penanaman wajib tanaman tertentu, terutama kopi, dan menyerahkan hasilnya. Sistem penanaman wajib itu disebut Preangerstelsel. Sementara itu bupati wajib memelihara keamanan dan ketertiban daerah kekuasaannya. Bupati juga tidak boleh mengangkat atau memecat pegawai bawahan bupati tanpa pertimbangan Bupati Kompeni atau penguasa Kompeni di Cirebon. Agar bupati dapat melaksanakan kewajiban yang disebut terakhir dengan baik, pengaruh bupati dalam bidang keagamaan, termasuk penghasilan dari bidang itu, seperti bagian zakar fitrah, tidak diganggu baik bupati maupun rakyat (petani) mendapat bayaran atas penyerahan kopi yang besarnya ditentukan oleh Kompeni.
Hingga berakhirnya kekuasaan Kompeni-VOC akhir tahun 1779, Kabupaten Bandung beribukota di Krapyak. Selama itu Kabupaten Bandung diperintah secara turun temurun oleh enam orang bupati. Tumenggung Wiraangunangun (merupakan bupati pertama) ankatan Mataram yang memerintah sampai tahun 1681. Lima bupati lainnya adalah bupati angkatan Kompeni yakni Tumenggung Ardikusumah yang memerintah tahun 1681-1704, Tumenggung Anggadireja I (1704-1747), Tumenggung Anggadireja II (1747-1763), R. Anggadireja III dengan gelar R.A. Wiranatakusumah I (1763-1794) dan R.A. Wiranatakusumah II yang memerintah dari tahun 1794 hingga tahun 1829. Pada masa pemerintahan bupati R.A. Wiranatakusumah II, ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Karapyak ke Kota Bandung.

Berdirinya Kota Bandung
Ketika Kabupaten Bandung dipimpin oleh Bupati RA Wiranatakusumah II, kekuasaan Kompeni di Nusantara berakhir akibat VOC bangkrut (Desember 1799). Kekuasaan di Nusantara selanjutnya diambil alih oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan Gubernur Jenderal pertama Herman Willem Daendels (1808-1811).
Sejalan dengan perubahan kekuasaan di Hindia Belanda, situasi dan kondisi Kabupaten Bandung mengalami perubahan. Perubahan yang pertama kali terjadi adalah pemindahan ibukota kabupaten dari Krapyak di bagian Selatan daerah Bandung ke Kota Bandung yang ter;etak di bagian tengah wilayah kabupaten tersebut.
Antara Januari 1800 sampai akhir Desember 1807 di Nusantara umumnya dan di Pulau Jawa khususnya, terjadi vakum kekuasaan asing (penjajah), karena walaupun Gubernur Jenderal Kompeni masih ada, tetapi ia sudah tidak memiliki kekuasaan. Bagi para bupati, selama vakum kekuasaan itu berarti hilangnya beban berupa kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi bagi kepentingan penguasa asing (penjajah). Dengan demikian, mereka dapat mencurahkan perhatian bagi kepentingan pemerintahan daerah masing-masing. Hal ini kiranya terjadi pula di Kabupaten Bandung.
Menurut naskah Sadjarah Bandung, pada tahun 1809 Bupati Bandung Wiranatakusumah II beserta sejumlah rakyatnya pindah dari Karapyak ke daerah sebelah Utara dari lahan bakal ibukota. Pada waktu itu lahan bakal Kota Bandung masih berupa hutan, tetapi di sebelah utaranya sudah ada pemukiman, yaitu Kampung Cikapundung Kolot, Kampung Cikalintu, dan Kampung Bogor. Menurut naskah tersebut, Bupati R.A. Wiranatakusumah II pindah ke Kota Bandung setelah ia menetap di tempat tinggal sementara selama dua setengah tahun.
Semula bupati tinggal di Cikalintu (daerah Cipaganti) kemudian ia pindah Balubur Hilir. Ketika Deandels meresmikan pembangunan jembatan Cikapundung (jembatan di Jl. Asia Afrika dekat Gedung PLN sekarang), Bupati Bandung berada disana. Deandels bersama Bupati melewati jembatan itu kemudian mereka berjalan ke arah timur sampai disuatu tempat (depan Kantor Dinas PU Jl. Asia Afrika sekarang). Di tempat itu deandels menancapkan tongkat seraya berkata: "Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd!" (Usahakan, bila aku datang kembali ke sini, sebuah kota telah dibangun!". Rupanya Deandels menghendaki pusat kota Bandung dibangun di tempat itu.
Sebagai tindak lanjut dari ucapannya itu, Deandels meminta Bupati Bandung dan Parakanmuncang untuk memindahkan ibukota kabupaten masing-masing ke dekat Jalan Raya Pos. Permintaan Deandels itu disampaikan melalui surat tertanggal 25 Mei 1810.
indahnya Kabupaten Bandung ke Kota Bandung bersamaan dengan pengangkatan Raden Suria menjadi Patih Parakanmuncang. Kedua momentum tersebut dikukuhkan dengan besluit (surat keputusan) tanggal 25 September 1810. Tanggal ini juga merupakan tanggal Surat Keputusan (besluit), maka secara yuridis formal (dejure) ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Bandung.
Boleh jadi bupati mulai berkedudukan di Kota Bandung setelah di sana terlebih dahulu berdiri bangunan pendopo kabupaten. Dapat dipastikan pendopo kabupaten merupakan bangunan pertama yang dibangun untuk pusat kegiatan pemerintahan Kabupaten Bandung.
Berdasarkan data dari berbagai sumber, pembangunan Kota Bandung sepenuhnya dilakukan oleh sejumlah rakyat Bandung dibawah pimpinan Bupati R.A. Wiranatakusumah II. Oleh karena itu, dapatlah dikatakan bahwa bupati R.A. Wiranatakusumah II adalah pendiri (the founding father) kota Bandung.
Berkembangnya Kota Bandung dan letaknya yang strategis yang berada di bagian tengah Priangan, telah mendorong timbulnya gagasan Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1856 untuk memindahkan Ibukota Keresiden priangan dari Cianjur ke Bandung. Gagasan tersebut karena berbagai hal baru direalisasikan pada tahun 1864. Berdasarkan Besluit Gubernur Jenderal tanggal 7 Agustus 1864 No.18, Kota Bandung ditetapkan sebagai pusat pemerintahan Keresidenan Priangan. Dengan demikian, sejak saat itu Kota Bandung memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai Ibukota Kabupaten Bandung sekaligus sebagai ibukota Keresidenan Priangan. Pada waktu itu yang menjadi Bupati Bandung adalah R.A. Wiranatakusumah IV (1846-1874).
Sejalan dengan perkembangan fungsinya, di Kota Bandung dibangun gedung keresidenan di daerah Cicendo (sekarang menjadi Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat) dan sebuah hotel pemerintah. Gedung keresidenan selesai dibangun tahun 1867.
Perkembangan Kota Bandung terjadi setelah beroperasi transportasi kereta api dari dan ke kota Bandung sejak tahun 1884. Karena Kota Bandung berfungsi sebagai pusat kegiatan transportasi kereta api "Lin Barat", maka telah mendorong berkembangnya kehidupan di Kota Bandung dengan meningkatnya penduduk dari tahun ke tahun.
Di penghujung abad ke-19, penduduk golongan Eropa jumlahnya sudah mencapai ribuan orang dan menuntut adanya lembaga otonom yang dapat mengurus kepentingan mereka. Sementara itu pemerintah pusat menyadari kegagalan pelaksanaan sistem pemerintahan sentralistis berikut dampaknya. Karenanya, pemerintah sampai pada kebijakan untuk mengganti sistem pemerintahan dengan sistem desentralisasi, bukan hanya desentralisasi dalam bidang keuangan, tetapi juga desentralisasi dalam pemberian hak otonomi bidang pemerintahan (zelfbestuur)
Dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Bandung di bawah pimpinan Bupati RAA Martanagara (1893-1918) menyambut baik gagasan pemerintah kolonial tersebut. Berlangsungnya pemerintahan otonomi di Kota Bandung, berarti pemerintah kabupaten mendapat dana budget khusus dari pemerintah kolonial yang sebelumnya tidak pernah ada.
Berdasarkan Undang-undang Desentralisasi (Decentralisatiewet) yang dikeluarkan tahun 1903 dan Surat Keputusan tentang desentralisasi (Decentralisasi Besluit) serta Ordonansi Dewan Lokal (Locale Raden Ordonantie) sejak tanggal 1 April 1906 ditetapkan sebagai gemeente (kotapraja) yang berpemerintahan otonomom. Ketetapan itu semakin memperkuat fungsi Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan, terutama pemerintahan Kolonial Belanda di Kota Bandung. Semula Gemeente Bandung
Dipimpin oleh Asisten Residen priangan selaku Ketua Dewan Kota (Gemeenteraad), tetapi sejak tahun 1913 gemeente dipimpin oleh burgemeester (walikota).
Oleh: A. Sobana Hardjasaputra

Tuesday, May 27, 2008

Home

Kota Bandung (kotamadya) adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota ini pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java (bahasa Belanda) atau “Paris dari Jawa”. Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Sedangkan keberadaan perguruan tinggi negeri dan banyak perguruan tinggi swasta di Bandung membuat kota ini dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia.
Bandung terletak pada koordinat 107° BT and 6° 55’ LS. Luas Kota Bandung adalah 16.767 hektare. Kota ini secara geografis terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, dengan demikian, sebagai ibu kota provinsi, Bandung mempunyai nilai strategis terhadap daerah-daerah di sekitarnya.

Geografi
Kota Bandung terletak pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut rata-rata (mean sea level), dengan di daerah utara pada umumnya lebih tinggi daripada di bagian selatan. Ketinggian di sebelah utara adalah ±1050 msl, sedangkan di bagian selatan adalah ±675 msl. Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga Bandung merupakan suatu cekungan (Bandung Basin).
Melalui Kota Bandung mengalir sungai utama seperti Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum serta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum, dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir.

Makanan Khas Bandung
Bandung tsebagai salah satu tempat tujuan untuk wisata kuliner. Diantara makanan yang terkenal dari Bandung adalah:
Siomay
Batagor
Surabi
Oncom
Colenak (Dicocol Enak )atau dalam bahasa Sunda sebagai "Beuleum peuyeum digulaan".

Wisata Alam

A. KAWASAN WISATA ALAM DAN AGROBISNIS
Selain mempunyai potensi pemandangan alam yang indah, wilayah ciwidey, Pangalengan telah lama berkembang menjadi kawasan perkebunan. Daerah Ciwidey, Pangalengan bagian selatan.
Arahan pengambangan kawasan ini adalah :
Menggali potensi paket wisata yang dapat dijual
Penyediaan fasilitas penunjang kegiatan agrowisata
Pengendalian munculnya kawasan terbangunyang tidak sesuai arahan tata ruang, mengingat kawasan perkebunan ini juga berfungsi sebagai daerah hujan dan penyangga kawasan lindung

Kriteria kawasan pariwisata adalah :
Kawasan yang memiliki keindahan alam dan keindahan panorama
Kawasan yang memiliki bangunan peninggalan budaya dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.
B. KAWASAN PARIWISATA TERDIRI DARI :
SKW Situ Patengan meliputi Situ Patengan, Perkebunan Rancabali, Ranca Upas, Air Panas Cimanggu, Kawah Putih, Arung Jeram Ciwidey, Kawah Cibuni, Perkebunan Gambung, Wisata Gunung Padang, Punceling
SKW Pangalengan meliputi Situ Cileunca, Perkebunan Teh Malabar, Kawah Papandayan, Tirta Kertamanah, Tirta Camelia, Air Panas Cibolang, Air Panas Citere, Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Curug Siliwangi, Danau Ciharus, Mandala Wisata.
SKW Ujungberung meliputi Curug Cinulang, Arung Jeram Citarik, Bumi Perkemahan Batu Kuda, Bumi Perkemahan Oray Tapa.

Kembang Tanjung Panineungan

(Ciptaan mang Koko, dikawihkeun munggaran ku Ida) (disalin ku : Danurwenda Wijayaputra)
Anaking jimat awaking Bssa ema mulung tanjung rebun-rebun di pakarangan nu remis keneh Harita keur kakandungan ku hidep.
Geus opat taun katukang ema nyipta mulung bentang nu marulang peuting tadi, Bentang seungit ditiiran, pangangguran Anaking jimat awaking, Basa ema mulung tanjung rebun-rebun, bet henteu sangka aya nu datang ti gunung rek ngabejakeun bapa hidep


Nu opat poe teu mlang ngepung gunung pager bitis cenah tiwas peuting tadi, layona keur kadieukeun, dipulangkeun. Harita waktu layona geus datang, ema ceurik balilihan Ras ka hidep na Kandungan utun inji budak yatim, deudeuh teuing Harita waktu layon geus digotong, ema inget ieuh kana tanjung dikalungkeun na pasaran, kembang asih panganggeusan ieung ti duaan.
Anaking jimat awaking Lamun ema mulung TAnjung reujeung hidep, kasuatsuat nya pipikiran tapina kedalna teh ku hariring, hariring eling ku eling Kana tanjung nu dipulung Eh... kembang tanjung nu nyeungitan pakarangan, nu nyeungitan hate urang Panineungan.


GUGURITAN…..

( dicutat tina Ulikan Sastra karangan DrsTaufik Faturohman ) (di serat ulang ku : M Sasmita)
Kecap Gurit asal tina basa Sangsekerta GRATH anu hartina nyusun karangan, dina basa Sunda aya istilah ngagurit atawa ngadangding, ari hartina sarua bae nyaeta nuduhkeun pagawean ngareka atawa nyusun karangan winangun dangsing.
Nurutkeun wincikanana dangsing atawa pupuh teh aya tujuh welas, nu masing-masing ngabogaan watek nu beda beda.

Istilahna : - Pada - Padalisan - Guru Wilangan ( jumlah engang dina unggal padalisan ) - Guru Lagu.(dangdingdungna sora vokal dina engang panungtung)
1. Asmarandana, watekna silih asih silih pikanyaah atawa mepelingan. Unggal Pada diwangun ku tujuh padalisan. Contona :
Eling eling masing eling ( 8 engang - vokal i / E-ling-e-ling- ma-sing-e-ling (jumlah 8), ling panungtung vokalna i) rumingkang di bumi alam( 8 - a ) darma wawayangan bae ( 8 - e ) raga taya pangawasa ( 8 - a ) lamun kasasar lampah ( 7 - a ) nafsu nu matak kaduhung ( 8 - u ) badan anu katempuhan ( 8 - a )
2. Balakbak, watekna pikaseurieun. Unggal pada diwangun ku 3 padalisan. Contona :
Aya warung sisi jalan rame pisan - Citameng(15-e) Awewena luas luis geulis pisan - ngagoreng (15-e) Lalakina lalakina los ka pipir nyoo monyet - nyanggereng (19-e).
3. Dangdanggula, watekna bungah atawa agung. Unggal pada diwangun ku sapuluh padalisan. Contona:
Laut Kidul kabeh katingali ( 10-i ) ngembat paul kawas dina gambar ( 10-a ) ari ret ka tebeh kaler ( 8-e ) Batawi ngarunggunuk ( 7 - u ) lautna mah teu katingali ( 9 - i ) ukur lebah lebahna ( 7 - a ) semu semu biru ( 6 - u ) ari ret ka tebeh wetan ( 8 - a ) gunung gede jiga nu ngajakan balik ( 12 - i ) meh bae kapiuhan ( 7 - a )
4. Jurudemung, watekna kaduhung, atawa hanjakal. Unggal pada diwangun ku lima padalisan Contona :
Badan nu katempuhan ( 8 - a ) da bongan ngalajur nafsu ( 8 - u ) peurihna kapanggih ( 6 - i ) rek bongan bongan ka saha ( 8 - a ) ayeuna bati kaduhung ( 8 - u )
5. Durma, watekna heuras atawa siap rek tarung. Unggal pada diwangun ku tujuh padalisan. Contona :
Mundur mapag balad Pandawa teu tahan ( 12 - a ) barisan beuki ipis ( 7 - i ) digempur Kurawa ( 6 - a ) Senapatina Karna ( 7 - a ) sakti manggulang mangguling ( 8 - i ) hese pantarna ( 5 - a ) moal aya nu nanding ( 7 - i )
6. Gambuh, watekna bingung, samar polah atawa tambuh laku. Unggal Pada diwangun ku lima padalisan. Contona :
Ngahuleng banget bingung ( 7 - u ) henteu terang ka mana ngajugjug ( 10 - u ) turug turug harita teh enggeus burit ( 12 - i ) panon poe geus rek surup ( 8 - u ) keueung sieun aya meong ( 8 - o )
7. Gurisa, watekna pangangguran, lulucon atawa tamba kesel. Unggal Pada di wangun ku dalapan Padalisan. Contona :
Hayang teuing geura beurang ( 8 - a ) geus beurang rek ka Sumedang ( 8 - a ) nagih anu boga hutang (8 - a ) munmeunang rek meuli soang ( 8 - a ) tapi najan henteu meunang ( 8 - a ) teu rek buru buru mulang ( 8 - a ) rek tuluy guguru nembang ( 8 - a ) jeung diajar nabeuh gambang ( 8 - a)
8. Kinanti, watekna miharep atawa prihatin. Unggal Pada diwangun ku genep Padalisan. Contona :
kembang ros ku matak lucu ( 8 - u ) nya alus rupa nya seungit ( 8 - i ) henteu aya papadana ( 8 - a ) ratuning kembang sajati ( 8 - i ) papaes di patamanan ( 8 - a ) seungit manis ngadalingding ( 8 - i )
9.Ladrang, watekna banyol atawa pikaseurieun. Unggal Pada diwnagun ku opat Padalisan. Contona :
Aki Dartam leumpangna ngagidig ( 10 - i ) gancang pisan, gancang pisan ( 8 - a ) bari aya nu dijingjing ( 8 - i ) mawa kisa eusina ucing anakan ( 12 - a )
10. Lambang, watekna banyol atawa pikaseurieun. Unggal Pada diwangun iu opat Padalisan. Contona :
Nawu kubang sisi tegal ( 8 - a ) nyair bogo meunang kadal ( 8 - a ) atuh teu payu dijual ( 8 - a ) rek didahar da teu halal ( 8 - a )
11. Magatru, watekna lulucon deukeut deukeut kana prihatin. Unggal Pada diwangun ku lima Padalisan. Contona :
Mun sumuhun ieu teh namina curuk ( 12 - u ) nu alit namina cingir ( 8 - i ) anu panjang mah jajangkung ( 8 - u ) gigireunana jariji ( 8 - i ) anu pangageungna jempol ( 8 - o )
12. Maskumambang, watekna prihatin, sasambat atawa nalangsa. Unggal Pada diwangun kiu opat Padalisan. Contona :
Jalma kedul mumul ditambah jejerih ( 12 - i ) ulah ngarep senang ( 6 - a ) sabab mungguhing rejeki ( 8 - i ) tara datang teu disiar ( 8 - a )
13. Mijil, watekna sedih, susah atawa cilaka. Unggal Pada diwangun ku genep Padalisan Contona :
Beurang peuting tambah cape ati ( 10 - i ) jeung tambah rampohpoy ( 6 - o ) wungkul inget ka kabogoh wae( 10 - e ) mugi aya kadar panggih deui ( 10 - i ) mun teu panggih deui ( 6 - i ) anggur pondok umur ( 6 - u )
14. Pangkur, watekna nafsu, lumampah atawa sadia rek perang. Unggal Pada diwangun kutujuh Padalisan. Contona :
Seja nyaba ngalalana ( 8 - a ) ngitung lembur ngajajah milang kori ( 12 - i ) henteu puguh nu dijugjug ( 8 - u ) balik paman sadaya ( 7 - a ) nu ti mana tiluan semu rarusuh ( 12 - u ) Lurah Begal ngawalonan ( 8 - a ) " Aing ngaran Jayapati "( 8 - i )
15. Pucung, watekna piwuruk, wawaran, atawa mepelingan. Unggal Pada diwangun ku opat Padalisan. Contona :
Estu untung nu bisa mupunjung indung ( 12 - u ) jeung nyenangkeun bapa ( 6 - a ) tanda yen bagjana gede ( 8 - e ) hitup mulus kaseundeuhan ku berekah ( 12 - a )
16. Sinom, watekna gumbira. Unggal Pada diwangun ku salapan Padalisan. Contona :
Di wetan fajar balebat ( 8 - a ) panon poe arek bijil ( 8 - i ) sinarna ruhay burahay ( 8 - a ) kingkilaban beureum kuning ( 8 - i ) campur wungu saeutik ( 7 - i ) kaselapan semu biru ( 8 - u ) tanda Batara Surya ( 7 - a ) bade lumungsur ka bumi ( 8 - a ) murub mubyar langit sarwa hurung herang ( 12 - a )
17. Wirangrong, watekna era atawa wirang. Unggal Pada diwangun ku genep Padalisan. Contona :
Jalma nu resep ngaluis ( 8 - i ) lumrahna resep ngaleos ( 8 - o ) ngan pacuan resep ngusut ( 8 - u ) komo mun resep ngarujit ( 8 - i ) teu aya batan basajan ( 8 - a ) sagala sigar tengahan ( 8 - a )

Sunday, May 25, 2008

BANDUNG KOTA KEMBANG

BANDUNG Blossom. Bandung Berbunga. Selama satu hari, Sabtu (17/11), sekitar 1.500 kendaraan berhiaskan bunga-bungaan beriring-iringan melalui jalan-jalan utama Kota Bandung. Tak ayal lagi, warna-warni bunga yang ditempelkan di badan kendaraan menjadikan Bandung seakan lautan bunga. Merah, kuning, putih, hijau, dan banyak warna lagi. Meriah. Apalagi, masyarakat, tua-muda, laki-laki,perempuan, tumpah ruah di pinggir-pinggir jalansepanjang jalan yang dilalui kendaraan hias. Ibu-ibu berdecak kagum. Anak-anak kegirangan melihat kendaraan ditelan bunga-bungaan. Ada yang gemas melihat rangkaian bunga yang menutupi badan kendaraan, dan akhirnya menjumput bunga, menjadikan kendaraan compang-camping. Seperti dikatakan Walikota Dada Rosada Sabtu itu, meski Bandung menjadi macet pada hari itu, tapi tak mengapa. 'Ini hajatnya orang Bandung. Ini pesta rakyat Bandung untuk dinikmati oleh seluruh warga Kota bandung,' ujar Dada. Memang, satu hari masyarakat Kota Bandung larut dalam menyaksikan kemeriahan Bandung Blossom, untuk memperingati hari jadi ke-197 Kota Bandung. Masyarakat tidak semata leluasa melihat-lihat rangkaian bunga, tetapi juga ikon-ikon yang melekat pada Kota Bandung. Seperti alat musik dan tarian ranah Sunda hingga kendaraan yang mengangkut skuad Persib Maung Bandung. Masyarakat mengelu-elukan Zaenal Arief, Redouane Barkawi, dan pelatih asal Moldova, Arcan Iurie. Melihat kegembiraan dan antusiasme masyarakat, kita merasa gembira. Walau cuma sehari , pemerintah Kota Bandung telah memberikan pengobat rindu masyarakat akan Bandung yang asri, segar, dan meriah. Satu hari rasanya cukup memberi kesegaran bagi 364 hari yang dipenuhi dengan kemacetan lalu lintas atau kesumpekan udara di tengah semburan knalpot. Andaikan kembang warna-warni ini bisa kita nikmati setiap saat, setiap detik, menit, jam, hari, bulan, dan tahun. Pasti tak akan ada yang membantah bahwa Bandung memang Kota Kembang. Taman-taman yang ada di Kota Bandung benar-benar menjadi tempat rekreasi. Masyarakat main ke taman setiap sore atau bahkan mahasiswa menghabiskan waktu belajar di taman. Selama ini, sarana hiburan masyarakat Kota Bandung adalah tempat-tempat rekreasi, semacam Taman Hiburan Rakyat Ir H Juanda, Kebun Binatang Tamansari, Taman Lalu-lintas. Atau mereka mengunjungi tempat rekreasi di sekitar Kabupaten Bandung. Untuk mencari hiburan sekaligus cuci mata, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di bioskop atau mal-mal, yang jumlahnya berkembang pesat di Bandung. Ini terjadi lantaran sarana rekreasi luar ruang minim. Kalaupun ada sejumlah taman di Kota Bandung, kehadirannya tak mengundang minat. Usahkan wisatawan luar kota, masyarakat Bandung sendiri enggan menghabiskan waktunya bercengkerama di taman-taman yang tidak terawat. Harus diakui, saat ini Pemerintah sudah mencoba untuk menghadirkan kembali nuansa asri. Di beberapa sudut kota, kita dapat menyaksikan taman-taman mini, meskipun itu taman dadakan (mobile park) yang diantaranya terkesan sebagai pemecah arus lalu lintas. Tetapi setidaknya, itu sudah merupakan langkah awal bagi kembalinya citra Bandung yang segar. Dan pawai kendaraan berhiaskan bunga Sabtu lalu harus menjadi peneguh bagi Pemerintah untuk mengembalikan citra Bandung Kota Kembang. Di sini bukan semata menghadirkan taman, tetapi bagaimana taman-taman yang telah ada kembali menjadi asri. Jadi program revitalisasi taman harus komprehensif, sehingga taman-taman yang ada sekalipun kembali dikelola dan dirawat dengan baik. Pengalaman sudah menunjukkan, taman-taman yang ada di sudut-sudut Kota Bandung memang tidak terawat. (*)

MENCARI SEJARAH SUNDA DENGAN DUA PERAHU

SUDAH sejak tahun 1950-an orang Sunda gelisah dengan sejarahnya. Lebih-lebih generasi sekarang, mereka selalu mempertanyakan, betulkah sejarah Sunda seperti yang diceritakan orang-orang tua mereka? Katanya, kekuasaannya membentang sejak Kali Cipamali di timur terus ke barat pada daerah yang disebut sekarang Jawa Barat dengan Prabu Siliwangi sebagai salah seorang rajanya yang bijaksana. Betulkah?
Sejarah Sunda memang tidak banyak berbicara dalam percaturan sejarah nasional. "Yang diajarkan di sekolah, paling hanya tiga kalimat," kata Dr Edi Sukardi Ekadjati, peneliti, sejarawan dan
Kepala Museum Asia Afrika di Bandung. Isinya singkat saja hanya mengungkap tentang Kerajaan Sunda dengan Raja Sri Baduga di daerah yang sekarang disebut Jawa Barat, lalu runtuh.
Padahal, kerajaan dengan corak animistis dan hinduistis ini sudah berdiri sejak abad ke-8 Masehi dan berakhir eksistensinya menjelang abad ke-16 Masehi. Kisah-kisahnya yang begitu panjang, lebih banyak diketahui melalui cerita lisan sehingga sulit ditelusuri jejak sejarahnya. Tetapi ini tidak berarti, nenek moyang orang Sunda di masa lalu tidak meninggalkan sesuatu yang bisa dilacak oleh anak cucunya karena kecakapan tulis-menulis di wilayah Sunda sudah diketahui sejak abad ke-5 Masehi. Ini bisa dibuktikan
dengan prasasti-prasasti di masa itu. Memang peninggalan karya tulis berupa naskah di masa itu hingga kini belum dijumpai. Tetapi setelah itu ditemukan naskah kuno dalam bahasa dan huruf Sunda Kuno, yakni naskah Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesian yang selesai disusun tahun 1518 M dan naskah Carita Bujangga Manik yang dibuat akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16. Suhamir, arsitek yang menaruh minat besar dalam sejarah Sunda menjuluki naskah Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesian sebagai "Ensiklopedi Sunda".
Naskah-naskah lainnya adalah Cariosan Prabu Siliwangi (abad ke-17 atau awal abad ke-18), Ratu Pakuan, Wawacan Sajarah Galuh, Babad Pakuan, Carita Waruga Guru, Babad Siliwangi dan lainnya. ****
NASKAH Sanghyang Siksa Kana Ng Karesian dan Carita Bujangga Manik disusun pada zaman Kerajaan Sunda-Pajajaran masih ada dan berkembang. Karena itu, dilihat dari kacamata sejarah, kedua naskah tersebut bisa jadi sumber primer. Sedangkan naskah-naskah lainnya yang disusun setelah Kerajaan Sunda-Pajajaran runtuh termasuk sumber sekunder. Kerajaan Sunda-Pajajaran runtuh pada tahun 1579.
Kedua naskah tersebut ditulis dengan bahasa dan huruf SundaKuno. Sedangkan naskah lainnya ada yang ditulis dengan bahasa dan huruf Jawa, bahasa dan huruf Arab, bahasa Jawa-Sunda atau huruf Jawa tapi bahasanya bahasa Sunda seperti naskah Carita Waruga Guru dan bahasa Melayu dan huruf Latin. Sampai tahun 1980-an, pembuatan naskah Sunda masih terus berlangsung meskipun dalam bentuk penyalinan.
Naskah Siksa Kanda Ng Karesian dan Carita Bujangga Manik ditulis di atas daun lontar dan daun palem. Naskah-naskah lainnya ada pula yang ditulis di daun nipah, daun enau atau daun kelapa.
Cara menulisnya dikerat/digores dengan menggunakan alat yang disebut peso pagot, sejenis pisau yang ujungnya runcing. Sedangkan naskah-naskah yang lebih muda menggunakan kertas sebagai pengganti daun dan ditulis dengan menggunakan tinta. Sebagian naskah-naskah itu ada yang tersimpan di museum baik di dalam maupun di luar negeri. Tetapi sebagian besar lainnya disimpan di rumah penduduk atau tempat-tempat tertentu yang dikeramatkan karena naskah dianggap sebagai barang sakral. Pemegangnya juga orang tertentu saja.
Karena cara penyimpanan yang tidak memenuhi syarat, adakalanya naskah rusak berat sehingga tidak bisa terbaca lagi. Naskah di Lengkong, Kuningan misalnya, tahun 1982 masih bisa dibaca. "Tetapi ketika saya datang lagi ke sana pada tahun 1987, naskah sudah tidak bisa direkontruksi lagi," keluh Ekadjati. Tetapi ada juga naskah-naskah yang sudah tidak disimpan dengan baik karena ahli warisnya merasa tidak mempunyai kepentingan lagi. Di Banjaran, sebuah daerah yang letaknya di Bandung Selatan,
naskah yang mereka miliki disimpan di kandang ayam karena rumah sedang dibongkar. Atau ada pula yang menyimpannya di atas langit-langit dapur, sehingga warnanya menjadi kuning kehitam-hitaman.
Dengan cara penyimpanan seperti itu, apalagi berasal dari bahan-bahan yang mudah lapuk, dalam beberapa tahun saja tidak mustahil naskah-naskah tersebut tidak akan berbekas lagi, sebelum diteliti. Setelah terlambat, baru kemudian kita menyadari telah kehilangan sejarah atau kekayaan budaya... Sebelum pengalaman pahit ini terjadi, Edi S Ekadjati dengan bantuan Toyota Foundation kemudian mengabadikannya dalam bentuk mikro film. Sekarang, sekitar 2000 naskah dari mikro film tersebut dimasukkan ke komputer sehingga suatu saat, bisa dibuat katalog yang lebih lengkap. Ini melengkapi katalog naskah Sunda yang sudah ada sekarang, yang memuat 1904 naskah.****
DARI sejumlah naskah tersebut, 95 naskah ditulis dalam huruf Sunda Kuno, 438 ditulis dalam huruf Sunda-Jawa, 1.060 ditulis dengan huruf Arab (Pegon) dan 311 naskah lainnya ditulis dengan huruf Latin. Selain itu masih ada 144 naskah yang menggunakan dua macam aksara atau lebih, yakni Sunda-Jawa, Arab dan Latin. Dilihat dari jenis karangannya, naskah sejarah hanyalah sekitar 9 persen dan naskah sastra sejarah 12 persen. Sebagian besar lainnya, 25 persen berupa naskah sastra, dan naskah agama 15 persen. Sayang, walaupun jumlahnya banyak, baru sedikit sekali yang diteliti. Eddi S. Ekadjati memperkirakan baru sekitar 100-125 judul saja yang diteliti. Ini berarti, tantangan untuk para peneliti dalam meneliti sejarah Sunda masih sangat besar. Penelitian tersebut, menurut Edi S. Ekajati, idealnya dilakukan dulu secara filologis karena ilmu yang menggarap naskah itu ialah filologi. Baru kemudian hasil suntingan filolog tersebut dijadikan obyek atau bahan studi ilmu-ilmu lain sesuai dengan jenis isi naskahnya. Sulitnya, sangat sedikit filolog yang tertarik terhadap naskah Sunda. Belum lagi, lebih sedikit lagi yang bisa membaca huruf Sunda Kuno -- itupun sebagian diantaranya berasal dari disiplin lain. Atja dan Saleh Danasasmita misalnya, keduanya sudah meninggal. Sedangkan lainnya Ayatrohaedi dan Hasan Djafar (arkeologi) lalu Kalsum dan Undang A Darsa. Edi S Ekadjati sebenarnya berlatar belakang sejarah. Tetapi karena minatnya yang besar terhadap sejarah Sunda, akhirnya mengharuskan ia mendalami filologi, sehingga dia acapkali dijuluki "berada di dua perahu". Dia mengakui, karena terbatasnya filolog yang berminat, maka jika seseorang ingin mengetahui sejarah Sunda maka ia harus berada "di dua perahu".
****
SEJARAH Sunda sangat boleh jadi berbeda dibanding sejarah etnis lain di Indonesia karena daerah ini tidak banyak mewariskan peninggalan berupa prasasti atau candi, tetapi lebih banyak berupa naskah yang kini tersimpan di museum atau tempat-tempat lainnya. Di Perpustakaan Nasional saja misalnya, terdapat 89 naskah Sunda Kuno sedangkan yang sudah dikerjakan barulah tujuh naskah.Tetapi dari sedikit naskah itu, menurut Edi S. Ekadjati, ternyata sudah memberikan sumbangan yang sangat besar terhadap sejarah Sunda. Baik mengenai daftar raja yang memerintah dan masa pemerintahannya serta peristiwa-peristiwa sekitar yang terjadi pada saat itu, sehingga walaupun belum secara lengkap sudah bisa disusun raja-raja Sunda yang memerintah selama kurang lebih 800 tahun. Yakni, sejak Sanjaya yang memerintah pada abad ke-8 sampai Raja Sunda terakhir pada tahun 1579. Bahkan dengan naskah Siksa Kanda Ng Karesian yang ditulis pada masa Sri Baduga Maharaja, diketahui beberapa aspek kebudayaan Sunda saat itu. Sri Baduga Maharaja, dalam cerita rakyat diidentikkan dengan Prabu Siliwangi. Jalan untuk menyingkap tabir sejarah Sunda masih panjang. Di Perpustakaan Nasional saja, masih 82 naskah lagi yang belum digarap. Walau demikian, Edi S Ekadjati optimis, suatu saat sejarah Sunda bisa disusun lebih lengkap dan jelas. Salah satu harapannya diletakkan pada jerih payah Ali Sastramidjaja atau Abah Ali, seorang peminat sejarah Sunda, yang kini sedang menggarap naskah Ciburuy bersama teman-temannya. (Her Suganda